Pernahkah tiba-tiba Anda merasakan sakit kepala yang hanya terasa pada bagian sebelah kepala saja, dan seringkali disertai dengan rasa mual dan muntah. Selain itu Anda merasa tidak kuat jika ada suara yang berisik dan cahaya yang terang? Mungkin sebagain dari Anda belum menyadari jika sedang mengalami migrain.

Sebenarnya migrain termasuk sakit kepala yang cukup parah. Beberapa penyebab yang menjadi memicu terjadinya migrain yaitu ketika seseorang mengalami kelelahan yang sangat, stres, dehidrasi atau kekurangan minum, terlambat makan, atau mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu. Sebenarnya migrain dapat dicegah dengan mengurangi tingkat stress Anda. Namun, ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mencegah migrain dengan kebiasaan-kebiasaan baik ini;

Kebiasaan Baik #1: Cukup Tidur

Ketika Anda mengalami sakit kepala, baik itu saat migrain ataupun sakit kepala biasa, maka sangat disarankan untuk beristirahat, sehingga tubuh maupun pikiran akan kembali fresh. Tidur juga sebenarnya dapat bermanfaat untuk mengurangi bahkan menghilangkan sakit kepala. Sehingga sangat disarankan untuk tidur dengan posisi yang benar dan rileks, yaitu tidak dalam posisi yang membuat leher tegang. Jangan lupa untuk matikan lampu ketika tidur.

Kebiasaan Baik #2: Minum Air Putih

Mungkin Anda sudah terlalu sering mendengar tips yang satu ini, namun air merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sakit kepala atau migrain dapat terjadi ketika tubuh kekurangan air. Untuk itu dengan mengkonsumsi air maka dapat mengurangi rasa sakit kepala. Selain itu, juga tubuh secara umum menjadi segar dan fit.

Kebiasaan Baik #3: Perhatikan Kadar Gula Darah

Migrain bisa muncul sebagai tanda turunnya kadar gula darah secara drastis. Untuk itu, makanlah secara teratur dan sehat sehari-hari, serta jangan sampai telat makan. Pilih makanan kalori rendah, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, yogurt dan keju rendah lemak. Sebaliknya, hindari makanan dengan glikemik indeks (GI) tinggi seperti roti putih, kue kering, minuman manis dan permen.

Kebiasaan Baik #4: Olahraga Ringan

Pada studi tahun 2011 dari University of Gothenburg di Swedia, para peneliti menemukan bahwa latihan aerobik cukup efektif untuk mencegah migrain. Olahraga ringan membantu untuk mengurangi ketegangan dan menangkal stres, dimana masalah stres dan depresi merupakan pemicu munculnya migrain. Olahraga juga memicu pelepasan endorfin, yang berfungsi sebagai obat penenang ringan.

Apabila setelah melakukan kebiasaan di atas Anda masih sering merasakan sakit kepala sebelah menyerang, segera minum bodrex Migra. Diformulasi khusus dengan paracetamol dan propifenazon yang efektif cepat mengatasi migrain. Jangan khawatir karena bodrex Migra tidak menyebabkan rasa kantuk sehingga aman dikonsumsi meskipun Anda sedang beraktivitas.

ARTIKELTERKAIT

Tempo Scan Group (TSG) CSR COVID-19 – BNPB DONATION
03-April-2020

Tempo Scan Group (TSG) CSR COVID-19 – BNPB DONATION

Tempo Scan Group telah merealisasikan penyerahan bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana sejumlah Rp 10 Miliar untuk membantu mengatasi wabah .... read more
Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu
17-March-2020

Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu

Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai gejala dan pengobatan flu dan batuk di cuaca yang tidak menentu berikut ini. .... read more
Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?
10-March-2020

Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?

Oleh karena itu, simak beberapa rekomendasi makanan pereda flu dan batuk yang bisa Anda konsumsi berikut ini. .... read more