Kenali Makanan Pemicu Migrain

Kenali Makanan Pemicu Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah sering dialami banyak orang. Penyebabnya bisa beragam dan berbeda pada masing-masing orang. Stres, kurang tidur, perubahan hormon sering jadi pemicu migrain. Pada beberapa orang sejumlah makanan tertentu juga jadi pemicu migrain. Berikut makanan yang sering menjadi pemicu migrain bagi sejumlah orang.

1. Makanan dengan kadar tyramine yang tinggi seperti keju tua, pisang yang terlalu masak, cokelat, makanan berbasis kedelai.

2. Alkohol. Minuman alkohol jenis apapun dapat memancing sakit kepala pada mereka yang rentan terhadap migrain.

3. Kafein. Memang pada jumlah tertentu kafein dapat menjadi teman bagi pasien dengan sakit kepala. Tetapi porsi yang terlalu banyak bisa memicu sakit kepala. Untuk mengurangi risiko, batasi konsumsi kafein hingga 200mg saja per hari.

4. Makanan kalengan dengan bahan pengawet juga sering jadi pemicu migrain, termasuk daging olahan dan MSG dalam camilan.

Namun mengingat setiap penderita migrain memiliki pemicunya sendiri, ada baiknya Anda membuat food diary untuk dapat mengidentifikasi makanan apa saja yang memengaruhi kondisi kesehatan Anda. Tulis makanan apa saja yang dikonsumsi setiap harinya dan tandai kapan migrain menyerang, sehingga Anda bisa tahu makanan apa saja yang sebaiknya dihindari.

Foto: Shutterstock