Migrain atau sakit kepala sebelah sering dialami banyak orang. Penyebabnya bisa beragam dan berbeda pada masing-masing orang. Stres, kurang tidur, perubahan hormon sering jadi pemicu migrain. Pada beberapa orang sejumlah makanan tertentu juga jadi pemicu migrain. Berikut makanan yang sering menjadi pemicu migrain bagi sejumlah orang.

1. Makanan dengan kadar tyramine yang tinggi seperti keju tua, pisang yang terlalu masak, cokelat, makanan berbasis kedelai.

2. Alkohol. Minuman alkohol jenis apapun dapat memancing sakit kepala pada mereka yang rentan terhadap migrain.

3. Kafein. Memang pada jumlah tertentu kafein dapat menjadi teman bagi pasien dengan sakit kepala. Tetapi porsi yang terlalu banyak bisa memicu sakit kepala. Untuk mengurangi risiko, batasi konsumsi kafein hingga 200mg saja per hari.

4. Makanan kalengan dengan bahan pengawet juga sering jadi pemicu migrain, termasuk daging olahan dan MSG dalam camilan.

Namun mengingat setiap penderita migrain memiliki pemicunya sendiri, ada baiknya Anda membuat food diary untuk dapat mengidentifikasi makanan apa saja yang memengaruhi kondisi kesehatan Anda. Tulis makanan apa saja yang dikonsumsi setiap harinya dan tandai kapan migrain menyerang, sehingga Anda bisa tahu makanan apa saja yang sebaiknya dihindari.

Foto: Shutterstock

ARTIKELTERKAIT

Kurangi Konsumsi Makanan ini Jika Anda Sering Sakit Kepala
26-October-2019

Kurangi Konsumsi Makanan ini Jika Anda Sering Sakit Kepala

faktanya ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu bahkan memperburuk sakit kepala Anda. Itu sebabnya Anda perlu menghindari atau membatasi .... read more
Sering Sakit Kepala? Ganti Sarapan Anda dengan 4 Menu Ini
25-October-2019

Sering Sakit Kepala? Ganti Sarapan Anda dengan 4 Menu Ini

Berikut ini adalah rekomendasi menu sarapan yang sehat sekaligus aman dikonsumsi oleh para penderita sakit kepala. Apa saja ya? .... read more
Penyebab Sering Sakit Kepala Pada Anak Muda
24-October-2019

Penyebab Sering Sakit Kepala Pada Anak Muda

tiga faktor penyebab sakit kepala pada anak muda adalah kurang tidur, kurang berolahraga, dan terlalu lama screen time dengan .... read more