WFH Terganggu Akibat Flu dan Batuk Tidak Berdahak? Segera Lakukan Tips Ini di Rumah!

WFH Terganggu Akibat Flu dan Batuk Tidak Berdahak? Segera Lakukan Tips Ini di Rumah!

Meski bekerja dari rumah, namun saat flu dan batuk tidak berdahak melanda, tentu aktivitas Anda baik pekerjaan kantor maupun urusan rumah tangga menjadi terganggu. Belum lagi rasa takut kalau sewaktu-waktu bisa saja Anda menularkannya ke anggota keluarga lainnya. Jangan dianggap sepele, saat flu dan batuk melanda, segera atasi dengan beberapa cara berikut ini.

Memisahkan Diri dari Anggota Keluarga yang Lain

Saat pandemi, keluhan flu dan batuk tidak berdahak tentu menjadi momok yang menyeramkan. Pasalnya keluhan ini seringkali dikaitkan dengan COVID-19 yang cukup mengancam kesehatan. Namun tak perlu panik, langkah pertama yang harus Anda lakukan saat flu dan batuk menyerang adalah dengan memisahkan diri dari anggota keluarga yang lain. Usahakan untuk selalu menjaga jarak dan melakukan isolasi mandiri dengan tujuan agar tidak menularkan ke orang lain. Langkah ini penting untuk Anda lakukan sebagai salah satu tindakan pencegahan meskipun Anda belum pasti positif COVID-19.

Selalu Memakai Masker

Tips selanjutnya adalah langsung menggunakan masker saat flu dan batuk meski hanya beraktivitas di dalam rumah. Selain itu, patuhi juga adab dalam bersin dan batuk, yaitu dengan cara menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin menggunakan tisu. Tujuannya adalah agar tidak menularkan virus ke anggota keluarga lainnya. Pastikan untuk selalu mengganti masker setiap empat jam sekali agar virusnya tidak menyebar, ya.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Tips Mengobati Batuk Pilek Demam dan Tenggorokan Gatal di Masa Pandemi

Mencukupi Kebutuhan Air Mineral

Flu dan batuk tidak berdahak juga bisa diatasi dengan cara memenuhi kebutuhan air mineral setiap harinya. Selain menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, minum air mineral yang cukup juga bisa membantu mendorong virus dan bakteri yang menempel di tenggorokan agar terdorong ke lambung dan keluar melalui urin dan keringat.

Minum Obat Flu dan Batuk

Langkah cepat dan efektif selanjutnya dalam mengatasi flu dan batuk adalah dengan minum obat flu dan batuk yang sesuai dengan gejalanya supaya penanganannya lebih efektif dan beristirahat hingga pulih. Namun bisa gejala dirasa tidak membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

Uji Kesehatan dan Mematuhi Protokol Kesehatan

Untuk mengurangi rasa cemas, Anda juga bisa melakukan test antigen atau swab PCR saat flu dan batuk. Selain itu, patuhi protokol kesehatan lainnya seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, menjauhi kerumunan, membatasi kegiatan di luar rumah, menjaga jarak, dan juga membawa hand sanitizer sebagai pengganti cuci tangan saat bepergian.

Yuk, jadikan momen WFH Anda menjadi lebih nyaman dengan menjaga Kesehatan secara optimal. Flu dan batuk hilang, suasana hati pun kembali tenang.

Baca Juga: Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi