Tips Hadapi Flu dan Batuk Saat Perjalanan Jauh

Tips Hadapi Flu dan Batuk Saat Perjalanan Jauh

Mengalami sakit flu dan batuk saat melakukan roadtrip baik sendiri maupun bersama keluarga tentu menjadi hal yang cukup menyebalkan. Pasalnya, keluhan ini bisa saja mengganggu jadwal dan rangkaian acara yang sudah direncanakan jauh hari dan membuat orang lain merasa tidak nyaman duduk berdekatan dengan Anda. Jika hal ini terjadi pada Anda, segera redakan flu dan batuk dengan beberapa cara berikut.

Tips Hadapi Flu dan Batuk: 

Agar flu dan batuk tidak mengganggu kenyamanan selama melakukan perjalanan jauh, simak beberapa tips menghadapi dan mengobati keluhannya berikut ini.

1. Istirahat Cukup

Saat flu dan batuk melanda di tengah perjalanan jauh, maka badan akan cenderung lemas dan kurang bersemangat. Namun tak perlu khawatir, ini saatnya untuk memanfaatkan rencana cadangan. Jika bepergian menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa memesan hotel atau penginapan terdekat lalu gunakan waktu untuk beristirahat total. Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari, sehingga bisa bangun dengan tubuh yang segar dan bisa kembali melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Sebaliknya, jika Anda menggunakan transportasi umum, maka manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk tidur selama perjalanan jauh. Agar lebih nyaman, sebaiknya selalu sediakan bantal leher sebelum bepergian, ya!

2. Minum Air Putih Hangat

Tips menghadapi flu dan batuk selanjutnya adalah dengan minum air hangat. Tak hanya membantu melegakan hidung tersumbat, hal ini juga bisa membuat tenggorokan terasa nyaman dan mengencerkan lendir saat batuk. Selain itu, minum cukup air mineral terutama yang hangat juga bisa membantu mendorong virus dan bakteri yang menempel di tenggorokan menuju lambung dan dikeluarkan melalui urin.

3. Makan Makanan Bernutrisi

Menempuh perjalanan jauh bukan berarti Anda bisa makan sembarangan, terutama saat flu dan batuk melanda. Untuk membantu meredakannya, pastikan untuk selalu makan makanan bernutrisi dan tinggi akan kandungan airnya, seperti sop ayam dan buah-buahan segar. Beberapa makanan ini bisa mencegah dehidrasi dan sayuran yang ada di dalamnya bisa menjadi sumber vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Atur Suhu AC

Jika kebetulan Anda menempuh perjalanan jauh menggunakan kendaraan pribadi, maka cara menghadapi flu dan batuk yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur AC di dalam mobil agar tidak terlalu dingin. Hindari untuk mengarahkan lubang AC pada tubuh atau wajah secara langsung. Bila perlu, matikan AC secara berkala dan buka jendela mobil saat melintasi daerah yang minim polusi untuk menikmati udara luar.Pastikan juga untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat, ya.

5. Menggunakan masker

Tujuannya adalah agar tidak menularkan virusnya ke anggota keluarga atau penumpang lain yang duduknya berdekatan dengan Anda selama menempuh perjalanan jauh. Pastikan juga untuk mengganti masker setiap empat jam sekali atau saat dirasa masker sudah kotor, ya.

6. Menutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk

Meski sudah menggunakan masker, sebaiknya tetap tutup mulut dan hidung menggunakan telapak tangan atau lipatan siku saat bersin dan batuk. Tujuannya adalah untuk menghalau virus agar tidak menyebar dan menularkan ke orang lain. Setelah itu, lap tangan menggunakan tisu basah atau mencucinya menggunakan hand sanitizer bila tidak ada akses untuk mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun.

7. Minum Obat Flu dan Batuk

Jika keluhan flu dan batuk cukup mengganggu, Anda juga bisa mengatasinya dengan minum obat. Pilih obat flu dan batuk sesuai dengan keluhan yang dialami dan tidak menyebabkan rasa ngantuk jika Anda masih harus mengendarai kendaraan pribadi.

Untuk flu dan batuk berdahak, redakan dengan minum obat flu dan batuk berdahak yang mengandung Guaifenesin dan Bromhexine yang bekerja dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak, sedangkan Phenylephrine (PE) bekerja secara efektif membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan.

Jika flu disertai batuk tidak berdahak, maka sebaiknya minum obat flu disertai batuk tidak berdahak yang mengandung kombinasi formula Paracetamol untuk meredakan gejala flu seperti demam dan sakit kepala, Phenylephrine (PE) yang bekerja secara efektif membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan tanpa menyebabkan kantuk, dan Dextromethorphan yang bekerja menekan titik pusat batuk di otak untuk meredakan batuk tidak berdahak.

Nah, jika dalam waktu dekat Anda juga merencanakan untuk melakukan perjalanan jauh, pastikan untuk mempersiapkan kondisi fisik dengan baik, ya. Menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan olahraga teratur bisa menjadi solusi yang efektif. Sediakan juga perbekalan sehat untuk dinikmati selama perjalanan jauh dan tidak lupa membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.