Ternyata Jenis Sakit Kepala Ini yang Paling Sering Dialami Orang, Apakah Itu?

Ternyata Jenis Sakit Kepala Ini yang Paling Sering Dialami Orang, Apakah Itu?
Sakit kepala sangat umum dialami orang dan beragam jenisnya. Namun, ternyata ada jenis sakit kepala yang paling sering terjadi dalam populasi. Apakah itu? Cari tahu dalam artikel berikut!
 
Dilansir dari antaranews.com ternyata sakit kepala tegang otot (SKTO) atau biasa disebut sakit kepala tegang, merupakan jenis sakit kepala primer yang palings erring dijumpai dalam populasi umum. Prevalensi sakit kepala tegang di kehidupan sekitar 3.078 persen. Itu sebabnya sakit kepala tegang dijuluki sakit kepala sejuta umat!
 
Penyebab sakit kepala tegang antara lain anemia, kelelahan, kerja lembur, obesitas, postur tubuh buruk, kurang tidur dan masih banyak lagi. Sakit kepala tegang sendiri bisa terjadi dalam tingkatan ringan hingga sedang. Rasa tidak nyaman yang dialami meliputi nyeri di kedua sisi kepala, dahi, pelipis, hingga leher dan dapat berlangsung selama 30 menit hingga beberapa hari. Saat mengalami sakit kepala tegang, Anda mungkin merasakan kepala terasa berdenyut, tertekan, dan mencengkram.

Baca Juga: Tips Mengobati Sakit kepala Secara Alami karena Sering Melewatkan Waktu Makan

 

Mengatasi Sakit Kepala yang Paling Sering Dialami Orang

Sebagai pertolongan pertama, Anda bisa mengatasi sakit kepala tegang dengan Langkah-langkah berikut:
  • Menghentikan segala aktivitas yang sedang dilakukan. Memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan hanya akan membuat tubuh menjadi semakin lemah dan keluhan sakit kepala pun juga bisa bertambah parah.
  • Langkah selanjutnya adalah mengompres bagian dahi menggunakan handuk yang dibasahi menggunakan air hangat.
  • Anda juga bisa melakukan pijatan ringan di bagian pelipis, dahi, dan juga daerah sekitar pundak serta leher untuk meredakan rasa nyeri di kepala.
  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air mineral yang cukup untuk mmenuhi cairan tubuh sekaligus meningkatkan kadar oksigen dalam otak.
  • Lakukan gerakan peregangan
  • Menenangkan diri dengan meditasi, tidur, atau beristirahat sejenak di ruangan yang tenang. Atur pernapasan Anda. Jika memungkinkan berbaring dan tidurlah selama 15-30 menit karena bisa jadi sakit kepala yang terjadi akibat dari kelelahan.
  • Minum obat pereda sakit kepala tegang yang mengandung Paracetamol sebagai analgesik yang dipercaya mampu mengatasi sakit kepala

Artikel Lainnya: Bahan Alami Sebagai Obat Sakit Kepala, Benarkah ada Efek Samping?