Terlalu Lama Berada di Ruangan AC dapat Menyebabkan Flu, Benarkah?

Terlalu Lama Berada di Ruangan AC dapat Menyebabkan Flu, Benarkah?

Dengan hidup di negara tropis seperti Indonesia sebagian besar dari kita mungkin tidak bisa lepas dari bekerja ataupun tinggal di ruangan dengan AC. Mungkin seringkali kita mendengar jika terlalu lama berada di ruangan AC dapat menyebabkan flu. Benarkah demikian?

Jawabannya adalah ya dan tidak.

Faktanya berada di ruangan dengan AC tidak secara langsung menyebabkan Flu. Penyebab terjadinya penyakit Flu adalah virus Influenza yang menulari tubuh kita. Penularan ini biasanya terjadi karena virus yang tersebar saat penderita penyakit bersin atau batuk di dekat kita, atau saat kita menyentuh wajah kita setelah memegang permukaan yang tidak higienis.

Di sisi lain, berada dalam ruang AC terus menerus dapat membawa pengaruh yang kurang baik jika sirkulasi ruangan buruk dan sistem pendingin yang ada dalam keadaan yang kotor dan tidak higienis. Ruangan AC pada umumnya adalah ruangan dengan sirkulasi udara yang tertutup. Akibatnya, jika komponen AC yang ada gagal menyaring udara segar dengan baik dan di saat yang sama terdapat banyak virus Flu dari seseorang yang sedang sakit dalam ruangan tersebut, maka akan lebih banyak kesempatan bagi virus influenza yang menyebar melalui udara untuk menulari banyak orang.

Salah satu dampak lainnya adalah di dalam ruangan ber-AC kita dapat merasa kedinginan dan kurang nyaman, sehingga lebih rentan terkena flu-like syndromes yang rasanya seperti gejala flu namun bukan betul-betul merupakan penyakit flu. Kondisi tubuh yang tidak optimal ini juga biasanya membuat kita lebih rentan terkena penyakit lainnya. Tetapi untungya, secara umum temperatur AC tidak berada pada suhu yang mempunyai efek terlampau buruk pada tubuh.

Oleh sebab itu, jangan kuatir jika Anda harus terus terpapar AC secara terus menerus. Asalkan Anda tetap menjaga kebersihan ruangan, serta menjaga pola hidup bersih dan sehati agar tidak mudah terkena penyakit.