Tanpa Anda Sadari, Hal Ini Penyebab Batuk Berdahak dan Tenggorokan Gatal yang Anda Alami

Tanpa Anda Sadari, Hal Ini Penyebab Batuk Berdahak dan Tenggorokan Gatal yang Anda Alami

Penyebab batuk berdahak umumnya karena adanya infeksi oleh virus atau bakteri yang menyerang saluran pernapasan, seperti hidung dan tenggorokan. Saat infeksi terjadi (biasanya saat flu), tubuh akan memproduksi lendir lebih banyak dan dikeluarkan melalui dahak saat batuk. Saat batuk berdahak, kondisi lain yang umumnya terjadi adalah saluran pernapasan seperti tenggorokan akan terasa gatal.

Hal ini terjadi karena tenggorokan sebagai salah satu sistem pernapasan bagian atas terinfeksi virus atau bakteri, misalnya karena tertular dari orang lain melalui droplet atau saat kita tak sengaja memegang benda yang sudah terpapar virus dan lupa untuk mencuci tangan. Tenggorokan gatal ini jugalah yang membuat kita batuk sebagai respon atau cara tubuh untuk mengeluarkan virus dari dahak atau lendir yang dihasilkan. Namun, selain adanya infeksi virus, ternyata ada beberapa penyebab lain yang seringkali tak disadari dan biasanya berupa gejala penyakit tertentu. Apa saja, ya?

Penyebab batuk berdahak: 

1. Alergi atau asma

Seseorang yang memiliki riwayat alergi atau asma biasanya akan lebih sering mengalami batuk saat pagi dan malam hari. Pemicunya adalah paparan alergen seperti debu, bulu binatang, suhu dingin, atau makanan tertentu. Berbeda dengan batuk saat flu, batuk yang dialami oleh penderita alergi biasanya tidak sampai menimbulkan demam dan keluhannya dapat kambuh sewaktu-waktu jika terpapar kembali dengan alergen.

2. Asam lambung

Asam lambung juga salah satu penyebab batuk berdahak yang jarang disadari. Hal ini biasanya lebih sering terjadi saat malam hari, yaitu ketika asam lambung naik dan masuk ke tenggorokan. Tak hanya menyebabkan batuk, kondisi ini juga menyebabkan iritasi di saluran pernapasan.

Baca Juga: Mengobati Batuk Pada Ibu Hamil, Bolehkah Minum Obat?

3. Post Nasal Drip

Seseorang juga bisa mengalami batuk berdahak saat mereka menderita flu, sinusitis, dan alergi. Dalam kondisi ini, lendir atau dahak turun dari hidung ke tenggorokan dan menyebabkan batuk.

Selain beberapa kondisi kesehatan di atas, penyebab batuk berdahak lainnya adalah kemungkinan adanya penyakit tertentu, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), tuberculosis (TBC), gagal jantung, kanker paru, dan beberapa penyakit lainnya. Untuk mencegahnya, langkah paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menjauhi pencetusnya.

Namun, jika batuk berdahak yang Anda alami adalah akibat infeksi virus atau saat flu, maka lakukan beberapa hal ini untuk meredakannya.

  • Minum air hangat secara rutin. Tujuannya adalah untuk mendorong virus dan bakteri yang menempel di tenggorokan agar nantinya bisa dikeluarkan melalui keringat dan kotoran.
  • Memberikan perasan jeruk nipis dan madu untuk membantu meningkatkan imun tubuh dan juga meredakan batuk berkat kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya.
  • Istirahat cukup dan minum obat batuk berdahak yang mengandung expectorant, serta kandungan Guaifenesin dan Bromhexine di dalamnya bekerja dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak, sedangkan Phenylephrine (PE) bekerja secara efektif membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan.

Source: alodokter

Artikel Lainnya: Aksesoris Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit Kepala Sebelah