Sering Sakit Kepala Bagian Belakang, Waspadai 5 Kemungkinan Ini

Sering Sakit Kepala Bagian Belakang, Waspadai 5 Kemungkinan Ini

Sakit kepala merupakan kondisi gangguan kesehatan yang banyak dialami oleh masyarakat. Jenis sakit kepalanya pun beragam, mulai dari sakit kepala biasa, sakit kepala sebelah, dan juga sakit kepala bagian belakang yang juga cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Dilansir dari laman online Detik.com dan Liputan6.com, berikut ini beberapa kondisi yang membuat seseorang sering sakit kepala bagian belakang.

  • Herniated Disks, kondisi yang menyebabkan leher menjadi sakit dan tegang, serta munculnya rasa tidak nyaman di area bahu dan lengan bagian atas.
  • Neuralgia Oksipital, yaitu kondisi yang dipicu gangguan pada saraf oksipital yang berada di saraf tulang belakang, dari pangkal leher hingga kepala.
  • Gangguan Otot Leher atau yang juga disebut dengan spasm otot leher. Cidera pada leher atau kesalahan posisi kepala dalam waktu yang lama biasanya bisa memicu timbulnya sakit kepala bagian belakang.
  • Tumor Otak
  • Neuralgia Trigeminal yang disebabkan oleh pembuluh darah yang menjepit saraf trigeminal yang juga bisa menimbulkan rasa sakit di wajah.
  • Arteritis Temporal, yaitu kerusakan dan pembengkakan pada arteri yang membawa darah ke kepala yang disebabkan oleh melemahnya kekebalan tubuh karena penggunaan antibiotic.
  • Tumor Otak, biasanya orang yang mengalami kondisi ini akan merasakan nyeri tajam di sisi kiri bagian belakang kepala. Selain menyebabkan sakit kepala, tumor otak juga dapat memicu gangguan kesehatan lainnya, seperti masalah penglihatan, kehilangan sensasi raba pada tangan dan kaki, gangguan pendengaran, dan sakit kepala disertai rasa tertekan di bagian tengkorak belakang.

Baca Juga: Tahapan Saat Migrain, Bisakah Mengobati Sakit Kepala Sebelah Sejak Awal?

Anda bisa minum obat yang mengandung Paracetamol untuk membantu mengurangi rasa nyeri di kepala bagian belakang, sehingga tetap bisa beraktivitas dengan sedikit lebih nyaman. Namun, jika sakit kepala makin parah dan Anda termasuk salah seorang yang sering sakit kepala bagian belakang, ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan kepada dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan penanganan yang lebih tepat.