Sering Mengalami Keluhan Sakit Kepala Migrain? Waspadai 6 Penyakit Ini!

Sering Mengalami Keluhan Sakit Kepala Migrain? Waspadai 6 Penyakit Ini!

Sakit kepala sebelah merupakan keluhan yang wajar terjadi dan dialami oleh banyak orang. Umumnya, keluhan ini tidak membahayakan dan akan mereda dalam hitungan beberapa jam, tentunya dengan penanganan yang baik. Sebaliknya, keluhan bisa menjadi semakin parah, berlangsung lama, disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, bahkan bisa juga menjadi pertanda atau gejala dari beberapa penyakit serius yang harus Anda waspadai berikut ini.

1. Sakit kepala terkait dengan sinusitis

Infeksi sinus atau sinusitis dapat menyebabkan nyeri kepala sebelah yang terlokalisasi di daerah wajah atau dahi. Nyeri ini dapat menjadi lebih buruk saat membungkuk atau berbaring.

2. Aneurisma otak

Aneurisma otak adalah pelebaran abnormal pada pembuluh darah di otak. Ketika aneurisma pecah, gejalanya bisa mencakup sakit kepala sebelah yang sangat parah. Ini adalah keadaan darurat medis dan harus segera ditangani.

3. Penyakit Temporo-Mandibular (TMD)

TMD adalah gangguan pada persendian rahang yang dapat menyebabkan nyeri kepala sebelah, terutama pada daerah sekitar telinga dan rahang. Nyeri ini seringkali berkaitan dengan masalah mengunyah atau menggerakkan rahang.

4. Neuralgia trigeminal

Merupakan gangguan yang menyebabkan rasa sakit tajam dan parah di sekitar wajah, terutama pada satu sisi. Nyeri ini dapat dipicu oleh aktivitas sehari-hari seperti makan atau menyentuh wajah.

5. Gangguan mata

Masalah pada mata seperti glaukoma atau iritasi mata dapat menyebabkan nyeri kepala sebelah yang terkait dengan mata yang sakit.

6. Serangan anxiety atau panic attack

Serangan kecemasan atau panik dapat menyebabkan gejala fisik termasuk sakit kepala sebelah. Ini seringkali disertai dengan gejala lain seperti detak jantung cepat dan perasaan gelisah.

7. Infeksi telinga atau gigi

Infeksi telinga tengah atau gigi yang tidak diobati dapat menyebabkan nyeri yang merambat ke kepala, terutama pada satu sisi.

Cara mengatasi sakit kepala sebelah yang cukup parah dan berlangsung lama tentunya adalah dengan mengonsultasikannya secara langsung pada dokter. Jika dokter dan hasil observasi menyatakan bahwa sakit kepala sebelah yang Anda alami bukanlah sebagai gejala penyakit serius, maka segera lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya.

  1. Cobalah untuk istirahat dan tidur yang cukup. Kekurangan tidur dapat menjadi penyebab umum sakit kepala. Pertimbangkan untuk istirahat di tempat yang tenang dan gelap untuk meredakan sakit kepala sebelah.
  2. Dehidrasi bisa menjadi penyebab sakit kepala, maka pastikan Anda cukup minum air sepanjang hari.
  3. Jika sakit kepala Anda disebabkan oleh nyeri, Anda bisa mencoba obat pereda nyeri yang mengandung parasetamol atau propyphenazone. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis yang benar, ya!
  4. Menghindari pemicu sakit kepala sebelah, seperti makanan berlemak, minuman beralkohol, paparan sinar matahari terik.
  5. Berikan pijatan lembut di bagian leher, bahu, atau area yang tegang bisa membantu meredakan sakit kepala sebelah.
  6. Lakukan kompres dingin atau hangat di bagian dahi, belakang leher, bahu, atau daerah yang terasa sakit.
  7. Mencoba teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga untuk meredakan stres yang bisa menjadi penyebab sakit kepala.
  8. Istirahat sejenak dari aktivitas menatap layar computer atau gadget lainnya. Bila perlu, gunakan kacamata dengan lensa khusus saat harus bekerja di depan layar, ya!

Nah, setelah membaca informasi di atas semoga Anda tak perlu bingung lagi saat sakit kepala sebelah melanda, ya.

Artikel Lainnya:  Penyebab Sakit Kepala Mencengkeram Bagian Atas dan Cara Meredakannya