Penyebab Sakit Kepala Mencengkeram Bagian Atas dan Cara Meredakannya

Penyebab Sakit Kepala Mencengkeram Bagian Atas dan Cara Meredakannya

Sakit kepala mencengkeram atau tension headache adalah jenis sakit kepala yang terasa seperti ada tekanan atau cengkeraman pada kedua sisi kepala, terutama di bagian atas, dahi, atau belakang kepala. Beberapa penyebabnya antara lain:

  1. Tegangan otot yang terjadi di bagian leher, bahu, atau tengkuk. Stres fisik atau emosional dapat memicu tegangan otot ini.
  2. Kekurangan tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat memicu sakit kepala mencengkeram.
  3. Postur tubuh yang buruk akibat duduk dalam posisi yang tidak baik, terutama di depan komputer atau layar lainnya, dapat menyebabkan ketegangan otot yang berkontribusi pada sakit kepala.
  4. Perubahan hormon, terutama pada beberapa wanita selama menstruasi atau menopause.

Cara Meredakan Sakit Kepala Mencengkeram

Untuk mengatasi sakit kepala mencengkeram bagian atas, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

  1. Cobalah untuk istirahat dan tidur yang cukup. Tidur yang baik dapat membantu mengurangi sakit kepala.
  2. Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik sepanjang hari, baik melalui konsumsi air mineral, buah-buahan serta makanan yang tinggi kadar airnya.
  3. Memberikan pijatan lembut di bagian leher, bahu, dan daerah yang tegang dapat membantu meredakan ketegangan otot, misalnya:
  • Kulit di antara ibu jari dan jari telunjuk. Disarankan untuk memijat area ini selama 20 hingga 30 detik menggunakan ibu jari dan jari telunjuk tangan Anda yang berlawanan, atau cukup mencubit dan menahannya selama 10 detik. Ulangi langkah-langkah ini sampai Anda merasa sedikit lega.
  • Memijat leher dengan bola tenis. Caranya dengan memasukkan dua bola tenis di kaus kaki panjang, ikat ujungnya. Bersandarlah di dinding dengan bola tenis bertumpu di leher (bagian bawah dasar tengkorak) untuk memberikan pijatan lembut. Trik ini membantu untuk menekan dan melepaskan keterikatan otot yang tegang dan mencengkeram ini.
  1. Melakukan metode kompres panas atau dingin di bagian leher atau daerah yang tegang, atau kompres dingin di dahi atau belakang kepala.
  2. Relaksasi dengan mencoba meditasi, pernapasan dalam, atau yoga untuk mengurangi stres dan ketegangan otot.
  3. Jika Anda bekerja di depan komputer, cobalah untuk berdiri, berjalan, atau merenggangkan tubuh secara teratur.
  4. Meredakan sakit kepala mencengkeram bagian atas dengan minum obat pereda nyeri yang mengandung parasetamol dan ibuprofen, tetapi gunakan dengan hati-hati dan sesuai petunjuk dokter.
  5. Merubah gaya hidup dan mengidentifikasi pemicu sakit kepala Anda, seperti stres atau kurang tidur, dan upayakan untuk mengatasi faktor-faktor ini.
  6. Mengonsultasikan pada dokter jika kondisinya semakin memburuk untuk evaluasi lebih lanjut dan meresepkan perawatan yang sesuai.
  7. Memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik, salah satunya adalah vitamin D. Sebuah penelitian menemukan bahwa kalsium dan vitamin D dapat memengaruhi tubuh secara hormonal dan fisiologis. Melansir dari Siloam Hospital, beberapa makanan tinggi vitamin D yang bisa dikonsumsi antara lain ikan salmon, telur, daging merah, susu, keju, yogurt, dan juga minyak hati ikan kod.

Agar sakit kepala mencengkeram bagian atas tak muncul lagi, pastikan juga untuk rutin olahraga dengan memerhatikan beberapa tipsnya berikut ini.

  1. Berolahraga secara teratur setidaknya tiga kali seminggu. Pertahankan denyut jantung konstan lebih dari 100 denyut per menit selama setidaknya 10 hingga 15 menit selama setiap sesi.
  2. Usahakan untuk berolahraga di pagi hari, namun sebaiknya anda sudah mendapakan istirahat yang cukup sebelum berolahraga.

Hindari olahraga berdampak tinggi selama sakit kepala, seperti berlari atau kickboxing karena kemungkinan akan dapat menimbulkan atau bahkan memperburuk rasa sakit. Olahraga yang intensif juga akan menyebabkan Anda berkeringat, yang menyebabkan dehidrasi sehingga dapat memperburuk sakit kepala juga.

Artikel Lainnya:  Lembur Kerja Tiap Malam Sebabkan Sakit Kepala Sebelah? Atasi dengan Cara Berikut Ini