Seberapa Ampuh Menghilangkan Sakit Kepala dengan Obat Herbal

Seberapa Ampuh Menghilangkan Sakit Kepala dengan Obat Herbal

Sejak dulu obat herbal sudah dipercaya khasiatnya untuk mengobati berbagai penyakit. Bahkan, keberlangsungan penggunaan obat herbal masih berlanjut hingga sekarang. Sebagian orang percaya dan telah merasakan khasiat dari obat-obatan herbal. Namun sebagian yang lain masih ragu mengenai efektivitasnya. Sebenarnya seberapa ampuh khasiat obat herbal untuk menghilangkan suatu gejala penyakit—misalnya sakit kepala?

Tiap-tiap bahan alami yang merupakan tanaman obat memiliki khasiatnya masing-masing. Sebagai contoh, tanaman jahe. Tanaman tersebut sangat populer digunakan untuk mengobati batuk, sakit tenggorokan, hingga masuk angin karena efek yang memberikan rasa hangat ketika dikonsumsi. Sementara tanaman obat yang biasa digunakan untuk obat sakit kepala adalah sebagai berikut:

Feverfew telah digunakan secara tradisional untuk mengatasi sakit kepala dan nyeri sendi. Tanaman satu ini mengandung senyawa parthenolide yang diketahui memiliki fungsi sebagai anti inflamasi.

Willow Bark mengandung senyawa salicin yang memiliki struktur kimia seperti aspirin, merupakan analgesik alami yang membantu mengurangi rasa nyeri. Willow Bark juga mengandung polyphenols dan flavonoids dan bersifat antioksidan, penurun panas serta antiseptik.

Guarana digunakan untuk meredakan nyeri ringan dan meningkatkan kemampuan zat analgesik sehingga bekerja lebih cepat dan efektif.

Selain itu, ada beberapa kelebihan dari mengonsumsi obat herbal yang membuat sebagian orang menyukai cara pengobatan satu ini.

  • Minim efek samping

Salah satu alasan utama orang memilih pengobatan herbal adalah minimnya efek samping yang ditimbulkan. Khususnya jika Anda perlu mengonsumsi obat dalam jangka panjang, obat-obatan herbal cenderung minim atau bahkan sama sekali tidak memiliki efek samping bagi tubuh.

  • Manfaat tambahan untuk tubuh

Selain untuk megobati gejala penyakit tertentu secara spesifik, campuran dari berbagai tanaman herbal juga memiliki manfaat tambahan untuk tubuh. Sebut saja menambah daya tahan tubuh, menambah stamina, menghangatkan tubuh, dan lain-lain.

  • Harga relatif terjangkau

Dari segi harga, obat herbal juga umumnya cukup terjangkau namun mampu memberikan khasiat yang diharapkan.

  • Melestarikan ‘warisan’ obat dari generasi terdahulu

Banyak orang yang mengenal dan mencoba pengobatan herbal atas saran dari generasi terdahulu. Dengan menggunakan pengobatan herbal, sebenarnya kita juga turut melestarikan warisan pengetahuan tentang obat dari generasi sebelumnya.

Mengenai keampuhan obat herbal yang sering diragukan karena sulit untuk diukur, kini sudah tak perlu Anda khawatirkan lagi. Sebab, selama obat herbal tersebut termasuk kategori “Obat Herbal Terstandar”, maka Anda tidak perlu ragu lagi. “Obat Herbal Terstandar” berarti klaim khasiatnya telah dibuktikan secara ilmiah yaitu melalui uji pre-klinik, bahan bakunya telah distandardisasi, serta diproduksi di fasilitas yang memenuhi persyaratan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).