Sakit Kepala Sebelah terasa Hingga ke Mata? Waspadai Penyakit Ini!

Sakit Kepala Sebelah terasa Hingga ke Mata? Waspadai Penyakit Ini!

Sakit kepala terkadang disertai berbagai gejala lainnya, salah satunya gangguan pada mata. Dilansir dari Healthline, pada beberapa kasus rasa nyeri akibat sakit kepala dapat terjadi pada salah satu atau kedua sisi mata, yang membuat mata terasa berdenyut, terasa kencang, panas, perih, dan nyeri yang sangat tajam. Apakah Anda juga pernah mengalaminya? Jika ya, mungkin saja pertanda Anda mengalami penyakit ini! 

1. Migrain

Migrain merupakan jenis sakit kepala sebelah yang disebabkan oleh kelainan interaksi impuls saraf dan pelepasan senyawa kimia yang mengganggu beberapa bagian otak. Gejala yang muncul saat migrain terjadi, antara lain sakit kepala sebelah yang menjalar ke area mata sehingga mata terasa sakit, mual dan muntah, sensitif terhadap cahaya, bau, dan kebisingan. Penglihatan menjadi kabur dan munculnya titik terang di bidang penglihatan. 


2. Disfungsi Penglihatan Binokular (BVD)

Otot mata berperan penting untuk menyampaikan sinyal visual untuk kemudian diterjemahkan oleh otak sebagai gambar yang Anda lihat. Disfungsi penglihatan binokular adalah kondisi yang menyebabkan ketegangan pada otot-otot tersebut. Akibatnya, salah satu otot mata berada di posisi terlalu rendah atau terlalu tinggi dan kondisi ini menjadi penyebab sakit kepala sampai ke mata.  


3. Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster adalah kondisi saat serangkaian rasa sakit yang meskipun hanya sebentar, namun cukup menyakitkan. Berlangsung selama 15 menit sampai satu jam, ini juga merupakan penyebab sakit kepala hingga ke mata. Bahkan mata akan terlihat kemerahan, berair, dan bengkak. 


4. Mata Lelah

Kelelahan pada mata juga bisa menyebabkan sakit kepala sampai ke mata. Misalnya terlalu lama melihat layar saat Anda bekerja, menonton televisi , atau bermain game. Tidak hanya itu saja, hal ini juga bisa membuat rasa sakit di belakang mata serta sedikit rasa pusing. Gejala lain yang bisa dirasakan adalah penglihatan yang sedikit kabur.


Jika sakit kepala terasa hingga mata dan menganggu penglihatan Anda, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah mengistirahatkan mata di ruangan yang gelap (minim cahaya), pejamkan mata, dan kompres area mata dengan air hangat. Hentikan dulu kegiatan yang membuat mata lelah seperti menatap layar gadget. Bila gejala sakit kepala sebelah yang Anda rasakan sangat menganggu, redakan dengan minum obat khusus untuk sakit kepala sebelah.


Sumber: hellosehat