Sakit Kepala Mencengkram Setiap Terkena AC? Atasi dengan Cara Ini

Sakit Kepala Mencengkram Setiap Terkena AC? Atasi dengan Cara Ini

Sering mengalami sakit kepala saat terpapar pendingin udara (AC)? Apalagi saat berada di ruang kantor yang memiliki pengaturan AC  terpusat. Sakit kepala pun semakin menjadi karena suhu ruang tidak bisa ditingkatkan. Sebenarnya, apa penyebab sakit kepala muncul saat terpapar AC? Ternyata, pada saat terpapar udara dingin, pembuluh darah cenderung akan mengalami vasokonstriksi (menjadi lebih kecil atau sempit), termasuk pembuluh darah di otak. Penyempitan pembuluh darah ini akan menyebabkan penurunan aliran darah ke otak sehingga terjadilah sakit kepala. Selain itu, kontraksi otot pada daerah wajah dan leher juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Berikut ini adalah cara untuk menghindari timbulnya sakit kepala akibat pendingin ruangan:

  • Hindari paparan pendingn ruangan yang langsung mengarah ke wajah atau kepala. Jika posisi pendingin ruangan berada tepat di atas kepala Anda, gunakan topi, scarf, atau penutup kepala lainnya untuk meminimalisir paparan pendingin ruangan.
  • Naikkan suhu pendingin ruangan agar tidak terlalu dingin. Batas ketahanan setiap orang berbeda, maka sesuaikan suhu dengan kemampuan tubuh Anda.
  • Hindari dehidrasi dengan mengonsumsi air putih. Pendingin ruangan dapat menyerap kandungan air tubuh lebih cepat sehingga tubuh rentan dehidrasi. Kondisi dehidrasi tersebut dapat memicu sakit kepala.
  • Cukup makan dan istirahat. Udara dingin dapat membuat kondisi tubuh yang lapar dan lelah bertambah buruk. Salah satunya meningkatkan risiko sakit kepala.
  • Bersihkan pendingin ruangan Anda secara berkala karena pendingin udara yang kotor berpotensi menyebabkan berkembangnya jamur yang dapat memengaruhi kesehatan Anda.
  • Anda juga bisa mematikan pendingin ruangan selama beberapa waktu untuk menguji apakah sakit kepala yang Anda rasakan benar-benar disebabkan oleh pendingin udara atau tidak.
  • Jaga agar kelembapan udara tetap baik meskipun ruangan tersebut ber-AC. Menyalakan pelembap udara bersamaan dengan pendingin ruangan bisa menjadi solusi.