Sering mengalami sakit kepala saat terpapar pendingin udara (AC)? Apalagi saat berada di ruang kantor yang memiliki pengaturan AC  terpusat. Sakit kepala pun semakin menjadi karena suhu ruang tidak bisa ditingkatkan. Sebenarnya, apa penyebab sakit kepala muncul saat terpapar AC? Ternyata, pada saat terpapar udara dingin, pembuluh darah cenderung akan mengalami vasokonstriksi (menjadi lebih kecil atau sempit), termasuk pembuluh darah di otak. Penyempitan pembuluh darah ini akan menyebabkan penurunan aliran darah ke otak sehingga terjadilah sakit kepala. Selain itu, kontraksi otot pada daerah wajah dan leher juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Berikut ini adalah cara untuk menghindari timbulnya sakit kepala akibat pendingin ruangan:

  • Hindari paparan pendingn ruangan yang langsung mengarah ke wajah atau kepala. Jika posisi pendingin ruangan berada tepat di atas kepala Anda, gunakan topi, scarf, atau penutup kepala lainnya untuk meminimalisir paparan pendingin ruangan.
  • Naikkan suhu pendingin ruangan agar tidak terlalu dingin. Batas ketahanan setiap orang berbeda, maka sesuaikan suhu dengan kemampuan tubuh Anda.
  • Hindari dehidrasi dengan mengonsumsi air putih. Pendingin ruangan dapat menyerap kandungan air tubuh lebih cepat sehingga tubuh rentan dehidrasi. Kondisi dehidrasi tersebut dapat memicu sakit kepala.
  • Cukup makan dan istirahat. Udara dingin dapat membuat kondisi tubuh yang lapar dan lelah bertambah buruk. Salah satunya meningkatkan risiko sakit kepala.
  • Bersihkan pendingin ruangan Anda secara berkala karena pendingin udara yang kotor berpotensi menyebabkan berkembangnya jamur yang dapat memengaruhi kesehatan Anda.
  • Anda juga bisa mematikan pendingin ruangan selama beberapa waktu untuk menguji apakah sakit kepala yang Anda rasakan benar-benar disebabkan oleh pendingin udara atau tidak.
  • Jaga agar kelembapan udara tetap baik meskipun ruangan tersebut ber-AC. Menyalakan pelembap udara bersamaan dengan pendingin ruangan bisa menjadi solusi.

Jika sakit kepala mencengkram terasa semakin mengganggu, langsung saja minum bodrex Extra. bodrex adalah pilihan obat sakit kepala yang terpercaya dari generasi ke generasi. Setiap tablet bodrex Extra mengandung paracetamol dan ibuprofen. Anda bisa mengonsumsinya kapanpun karena bodrex aman diminum sebelum makan. bodrex Extra adalah mampu atasi sakit kepala dengan cepat!

ARTIKELTERKAIT

Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?
26-February-2020

Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?

Oleh karena itu, simak beberapa rekomendasi makanan pereda flu dan batuk yang bisa Anda konsumsi berikut ini. .... read more
Bagaimana Menangani Sakit Flu dan Batuk Tanpa Kantuk Saat Bekerja di Rumah
17-March-2020

Bagaimana Menangani Sakit Flu dan Batuk Tanpa Kantuk Saat Bekerja di Rumah

Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit flu dan batuk tanpa menimbulkan kantuk saat beraktivitas, terutama bekerja di rumah saat menghadapi .... read more
Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu
10-March-2020

Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu

Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai gejala dan pengobatan flu dan batuk di cuaca yang tidak menentu berikut ini. .... read more