Pola Hidup Seperti ini Rawan jadi Penyebab Sakit Kepala Sebelah

Pola Hidup Seperti ini Rawan jadi Penyebab Sakit Kepala Sebelah

Penyebab sakit kepala sebelah secara tidak sadar bisa saja berasal dari kebiasaan yang seringkali kita lakukan berulangkali. Kira-kira apa saja dan bagaimana cara mengatasinya, ya? 

Penyebab sakit kepala sebelah: 

konsumsi minuman beralkohol

Anda termasuk salah seorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol? Jika iya, maka tidak heran jika Anda akan lebih sering mengalami sakit kepala, terutama sakit kepala sebelah saat bangun tidur di pagi hari. Hal ini dikarenakan alkohol mengandung etanol, senyawa kimia yang memicu pelebaran pembuluh darah di kepala. Jika dikonsumsi dalam takaran yang berlebihan dan dilakukan secara terus-menerus, maka seseorang bisa mengalami sakit kepala lebih sering, bahkan memicu timbulnya penyakit serius lainnya. Mulai hindari kebiasaan yang satu ini, ya!

Begadang hingga larut malam

Kebiasaan selanjutnya yang juga memicu sakit kepala hanya di salah satu sisi adalah begadang hingga larut malam, baik saat bekerja, main game, atau menonton film. Kurangnya waktu tidur membuat produksi hormon stres kortisol meningkat dan memicu sakit kepala yang dialami seseorang, terutama saat bangun di pagi harinya.  

Tak hanya itu, kurang tidur juga menyebabkan peningkatan tekanan dan gangguan aliran darah yang keluar dari jantung, sehingga otot jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Hal inilah yang menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Oleh karena itu, usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap malamnya, yaitu selama enam hingga delapan jam bagi orang dewasa.

Baca Juga: Penyebab Sakit Kepala Sebelah Sering Kambuh

Salah posisi tidur

Sakit kepala sebelah kiri saat bangun tidur juga bisa disebabkan karena kesalahan posisi tidur dan posisi bantal yang terlalu tinggi menyebabkan leher menjadi tegang. Kebiasaan ini membuat kita tidak bisa menggerakkan kepala atau leher ke kanan maupun kiri dalam waktu yang cukup lama. Untuk menyiasatinya, gunakan bantal yang tepat atau tidak menggunakan bantal sama sekali dalam posisi terlentang untuk menjaga agar kepala dan tulang belakang berada dalam satu garis lurus.

Aktivitas yang Padat dan Memendam Perasaan Hingga Memicu Stress 

Sakit kepala sebelah juga bisa muncul akibat stress atau tekanan yang biasanya disebabkan oleh banyaknya pekerjaan di kantor, urusan rumah tangga, hingga seringnya memandam perasaan atau permasalahan dalam hidup. Oleh karena itu, disarankan untuk meluangkan waktu selama kurang lebih 15-20 menit untuk melakukan peregangan atau menghirup udara luar. Jangan lupa juga untuk berbagi cerita pada orang  yang kamu percaya agar beban pikiran bisa sedikit berkurang untuk menghindari terjadinya stress. 

Selain dengan menerapkan pola hidup sehat, memenuhi kebutuhan waktu tidur, melakukan gerakan peregangan atau rutin olahraga, tidur dalam posisi terlentang, dan juga mengolah stress, hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala sebelah adalah dengan minum obat sakit kepala sebelah yang mengandung Paracetamol. Paracetamol sendiri merupakan kandungan obat yang dipercaya mampu meredakan rasa nyeri, termasuk saat sakit kepala sebelah menyerang. Saat sakit kepala sebelah tak kunjung membaik lebih dari tiga hari, segera periksakan kondisi Anda pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, ya!