Hati-hati Jenis Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit kepala

Hati-hati Jenis Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Sakit kepala

Makanan dan minuman  lezat yang Anda nikmati setiap harinya adalah sebuah anugerah. Namun bagaimana jika makanan dan minuman favorit Anda ternyata berperan sebagai pemicu sakit kepala yang sering Anda rasakan? Coba cek jenis-jenis makanan yang dapat memicu sakit kepala berikut ini. Apakah Anda sering mengonsumsinya?

Keju

Makanan yang yang mengandung tiramin tinggi (salah satu zat alami yang terkandung dalam makanan) bisa memicu sakit kepala pada sebagian orang. Makanan yang mengandung tiramin tinggi antara lain keju, wine, dan beberapa daging olahan. Tiramin terbentuk dari pemecahan protein yang muncul seiring bertambahnya usia makanan. Secara umum, semakin lama makanan berprotein tinggi, semakin besar kandungan tiramin di dalamnya. Jumlah tiramin dalam keju berbeda-beda tergantung dari variasi dalam pemrosesan, fermentasi, penuaan, degradasi, atau bahkan kontaminasi bakteri. Semakin ‘tua’ usia keju tersebut maka kandungan tiramin akan semakin tinggi.

Minuman beralkohol

Aliran darah ke otak Anda meningkat ketika Anda minum alkohol. Sulfit yang digunakan sebagai pengawet juga dapat menyebabkan sakit kepala. Semakin tinggi kandungan sulfit, semakin besar kemungkinan terkena migrain. Alkohol juga menyebabkan dehidrasi, yang juga dapat menyebabkan migrain.

Makanan berpengawet dan berpenyedap

Pengawet makanan (atau zat tambahan) yang terkandung dalam makanan tertentu dapat memicu sakit kepala. Nitrat dan nitrit adalah aditif dalam jenis makanan seperti ham, sosis daging, bacon, pepperoni, dan sejenisnya. Monosodium glutamate (MSG) atau penyedap rasa juga dapat memicu sakit kepala. MSG adalah salah satu bahan aktif dalam kecap, pelunak daging, dan berbagai makanan kemasan. Waspadai pemberian label seperti "lemak terhidrolisis" atau "protein terhidrolisis" atau "semua pengawet alami" karena ini adalah sinonim dari MSG.

Es krim

Ice Cream Headache’ adalah kondisi yang disebabkan oleh makan es krim dingin dengan cepat atau meneguk minuman es. Ini lebih mungkin terjadi jika Anda berada dalam kondisi tubuh terlalu panas setelah olahraga atau terpapar cuaca panas. Nyeri, yang terasa di dahi setelahnya akan terasa  memuncak selama  25 hingga 60 detik atau bahkan beberapa menit.

Jika Anda termasuk orang yang sensitif terhadap berbagai pemicu sakit kepala di atas, maka ada baiknya membatasi konsumsi jenis makanan tersebut. Jika Anda merasakan sakit kepala setelah makan, coba redakan dengan minum bodrex. Parasetamolnya bertindak sebagai analgesik yang mampu meredakan sakit kepala dan sakit gigi, sambil bekerja sebagai antipiretik untuk menurunkan demam.

Sumber:

American Headache Society
National Headache Foundation
my.clevelandclinic.org