Mengklasifikasi Pengobatan Herbal di Sekitar Kita

Mengklasifikasi Pengobatan Herbal di Sekitar Kita

Obat-obatan herbal selama ini ada di sekitar kita dan menjadi salah satu pilihan metode pengobatan untuk berbagai penyakit. Sebagaian orang sangat mempercayai khasiat pengobatan herbal, sementara sebagian lainnya masih ragu karena pengobatan herbal dianggap belum memiliki standar yang mumpuni. Padahal hal tersebut tidak benar. Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang belum tahu, bahwa kini obat-obatan herbal telah distandardisasi. Bahkan, obat-obatan herbal bisa diklasifikasi dalam beberapa jenis berikut ini.

Jamu

Anda tentu familir dengan jamu bukan? Bahkan, Anda mungkin sudah terbiasa mengonsumsi jamu secara reguler. Jamu termasuk salah satu obat-obatan tradisional Indonesia, ramuan herbal yang diklasifikasi sebagai jamu memiliki kriteria yaitu; klaim khasiatnya dibuktikan secara turun-temurun (empiris). Diproduksi secara sederhana dengan peralatan yang sederhana dan bahan bakunya belum terstandar.

Obat Herbal Terstandar

Obat dalam kategori ini adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan bahan bakunya telah terstandardisasi.Obat Herbal Terstandar diproduksi di fasilitas yang memenuhi Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).

FITOFARMAKA

Obat herbal terstandar adalah sediaan obat bahan alam yang telah dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik dan uji klinik. Bahan baku produk jadinyanya telah terstandardisasi. Proses pembuatannya pun menggunakan fasilitas produksi yang memenuhi standar (CPOTB).

Dengan adanya klasifikasi yang jelas terhadap obat-obatan herbal, maka Anda tidak perlu ragu lagi untuk memilih dan mengonsumsinya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan keluhan kesehatan Anda. Untuk masalah pusing sakit kepala misalnya, Anda dapat memilih obat yang memiliki kandungan Fevervew (anti inflamasi),  Willow Bark (analgesik dan antioksidan), dan Guarana (pereda nyeri) yang diproses menggunakan teknologi modern serta dikemas secara praktis untuk atasi pusing sakit kepala dengan alami.