Mengganggu Banget, Ini Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Lebih Cepat

Mengganggu Banget, Ini Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Lebih Cepat

Anda pasti setuju jika batuk berdahak adalah salah satu gejala penyakit yang menyebalkan. Terlebih jika Anda mengalaminya disertai dengan sakit flu. Aktivitas sudah pasti terganggu. Selain meminum obat untuk mengatasi batuk berdahak, Anda juga bisa melakukan beberapa cara untuk menghilangkan batuk berdahak lebih cepat berikut ini!

  • Minum banyak cairan

Tubuh perlu tetap terhidrasi untuk menjaga lendir tetap tipis. Ketika seseorang sakit flu dan batuk berdahak, minum cairan ekstra dapat mengencerkan lendir dan membantu sinus mengalir. Orang dengan alergi musiman mungkin juga menemukan bahwa tetap terhidrasi membantu menghindari kemacetan

  • Mengoleskan waslap basah yang hangat ke wajah

Cara ini bisa menjadi obat yang menenangkan untuk sakit kepala sinus yang berdenyut. Menghirup melalui kain lembap adalah cara cepat untuk mengembalikan kelembapan ke hidung dan tenggorokan. Hal ini juga akan membantu menghilangkan rasa sakit dan tekanan.

  • Posisi kepala tetap tinggi

Ketika penumpukan lendir sangat mengganggu, akan sangat membantu jika Anda tidur dengan bersandar pada beberapa bantal. Berbaring datar dapat meningkatkan ketidaknyamanan, karena mungkin terasa seolah-olah lendir terkumpul di bagian belakang tenggorokan.

  • Meludahkan dahak

Ketika dahak naik dari paru-paru ke tenggorokan, tubuh cenderung mencoba mengeluarkannya. Meludahkannya lebih sehat daripada menelannya.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Gejala COVID-19, Kapan Batuk Tidak Berdahak Perlu Diwaspadai?

  • Menggunakan semprotan hidung saline atau bilas

Semprotan garam atau irigasi dapat membersihkan lendir dan alergen dari hidung dan sinus. Carilah semprotan steril yang hanya mengandung natrium klorida, dan pastikan untuk menggunakan air steril saat membilasnya.

  • Menggunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih telah digunakan untuk meredakan batuk dan mengurangi lendir selama bertahun-tahun. Mereka biasanya diterapkan langsung ke dada. Beberapa tetes minyak kayu putih juga dapat ditambahkan ke dalam diffuser atau mandi air hangat untuk membantu membersihkan hidung.

  • Tidak merokok dan menghindari asap rokok

Merokok dan asap rokok menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak dahak dan lendir.

  • Mandi air hangat 

Waktu yang dihabiskan di kamar mandi berisi uap akan membantu melonggarkan dan membersihkan lendir di hidung dan tenggorokan. Membiarkan air hangat berdenyut di wajah juga dapat meredakan tekanan sinus. 

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan batuk berdahak lebih cepat. Semoga Anda lekas sembuh!

Sumber: Medical News Today