Mengapa Banyak Orang Mengalami Sakit Kepala Saat Musim Hujan?

Mengapa Banyak Orang Mengalami Sakit Kepala Saat Musim Hujan?

Anda seringkali mengalami sakit kepala saat musim hujan? Well, Anda tidak sendiri. Sebab hal ini merupakan hal yang wajar terjadi. Selain itu, musim hujan seringkali diiringi dengan perubahan cuaca dan kondisi lingkungan tertentu yang dapat memicu sakit kepala pada sebagian orang. Lantas, apa saja yang bisa menjadi penyebab sakit kepala saat musim hujan dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Kemungkinan penyebab sakit kepala saat musim hujan

  1. Perubahan tekanan udara

Salah satu faktor yang dapat memicu sakit kepala saat musim hujan adalah perubahan tekanan udara. Selama musim hujan, suhu udara seringkali menjadi lebih rendah akibat hujan yang mendinginkan udara di sekitarnya. Kondisi ini dapat memengaruhi pembuluh darah dan menyebabkan sakit kepala.

 

  1. Tingkat kelembapan udara yang tinggi

Musim hujan membuat tingkat kelembapan udara semakin tinggi yang menyebabkan penurunan tekanan udara. Perubahan inilah yang dapat memengaruhi pembuluh darah dan saraf di kepala, memicu sakit kepala. Selain itu, beberapa orang mungkin merasa kurang nyaman atau mudah merasa lelah dalam lingkungan yang lembap. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan stres atau ketegangan dan menjadi faktor penyebab sakit kepala.

 

  1. Dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh

Tingkat kelembapan udara yang tinggi saat musim hujan juga menyebabkan penurunan tekanan udara. Udara menjadi semakin dingin dan kondisi ini membuat banyak orang tidak merasa haus, sehingga lupa untuk memenuhi kebutuhan air harian dengan baik. Jika dibiarkan, maka dapat memicu dehidrasi yang menjadi penyebab umum sakit kepala. Pada orang dewasa, dianjurkan untuk minum air mineral setidaknya delapan gelas atau setara dengan dua liter setiap harinya.

 

  1. Perubahan pola tidur

Cuaca yang dingin dan lembap dapat memengaruhi kenyamanan tidur. Hal ini menyebabkan seseorang tidak memiliki kualitas tidur yang baik dan pada akhirnya cenderung lebih sering mengalami sakit kepala.

 

  1. Konsumsi makanan dan minuman

Beberapa makanan atau minuman tertentu yang dikonsumsi selama musim hujan dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang, terutama makanan dan minuman tinggi gula. Pasalnya kandungan gula yang berlebihan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. Saat kekebalan tubuh terganggu, tubuh lebih mudah terserang penyakit, salah satunya adalah keluhan sakit kepala yang cukup sering selama musim hujan.

 

Jika melihat dari beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala saat musim hujan di atas, maka beberapa solusi efektif untuk mengatasi sakit kepala saat musim hujan adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan untuk tetap terhidrasi dengan minum banyak air.
  2. Mencukupi kebutuhan tidur dengan baik untuk memperkuat sistem kekebalan dan mengurangi stres.  
  3. Jika kelembapan atau perubahan tekanan udara tampaknya menjadi penyebab sakit kepala, pertimbangkan untuk mengatur lingkungan tempat tinggal atau bekerja. Menggunakan pengatur kelembapan atau ventilasi yang baik dapat membantu menciptakan kondisi yang lebih nyaman.
  4. Konsumsi makanan yang mengandung magnesium untuk bantu mencegah sakit kepala saat hujan. Beberapa makanan kaya magnesium yang bisa menjadi pilihanmu adalah sayuran hijau, ikan, alpukat, dan kacang kedelai.
  5. Pijatan ringan atau teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga dapat membantu meredakan ketegangan otot dan mengurangi intensitas sakit kepala.
  6. Jika sakit kepala cukup mengganggu, segera minum obat dengan kandungan Paracetamol yang bekerja secara aktif menekan pusat sakit kepala, sehingga keluhannya dapat cepat mereda.

 

Jika sakit kepala berlanjut atau menjadi semakin parah, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, ya.

 

Artikel Lainnya: Kenali Varian baru COVID-19 EG.5 atau Eris, Sakit Kepala Jadi Salah Satu Gejalanya!