Benarkah Mandi Tengah Malam Bisa Sebabkan Sakit Kepala Tegang?

Benarkah Mandi Tengah Malam Bisa Sebabkan Sakit Kepala Tegang?

Sakit kepala mencengkeram setelah mandi tengah malam mungkin saja terjadi. Kondisi ini biasanya muncul jika kita mandi dan keramas, namun lupa untuk mengeringkannya sebelum tidur. Dilansir dari Hellosehat.com, setiap orang bisa menunjukkan gejala sakit kepala yang berbeda, dan biasanya muncul 15 sampai 60 menit setelah keramas. Keluhannya sendiri bisa dimulai dari satu sisi kepala dengan sensasi berdenyut yang tak tertahankan dan bisa menjalar sampai ke belakang mata, bahkan hingga ke seluruh bagian kepala.

Penyebab sakit kepala mencengkeram setelah keramas tengah malam

Meski setiap orang menunjukkan gejala sakit kepala yang berbeda setelah mandi dan keramas tengah malam dan belum jelas penyebab pastinya, beberapa kondisi ini bisa menjadi faktor pemicunya.

1. Bau shampo yang menyengat

Apakah Anda termasuk orang dengan indera penciuman yang sangat peka? Bisa jadi hal inilah yang memicu sakit kepala mencengkeram setelah keramas tengah malam, loh. Pasalnya, wangi yang cukup menyengat bisa mengganggu saraf-saraf di otak kita. Saat kita mencium aromanya, saraf otak yang mengatur rasa sakit akan diaktifkan, sehingga muncul rasa nyeri yang cukup mengganggu di kepala Anda.

2. Membilas rambut dengan air dingin

Membilas rambut dengan air dingin memang merupakan hal yang paling baik untuk mencegah ketombe dan rambut rontok. Namun, jika hal ini dilakukan saat tengah malam bisa menimbulkan sakit kepala yang cukup mengganggu. Hal ini terjadi akibat saraf otak mengira bahwa tubuh sedang diserang hipotermia atau radang dingin, akibatnya muncul rasa pusing, sakit kepala, bahkan disertai rasa mual.

3. Tidur dalam kondisi rambut masih basah

Rasa kantuk yang tak tertahankan terkadang memaksa kita untuk langsung tidur dibanding harus mengeringkan rambut sebelum tidur saat tengah malam. Namun hati-hati ya, karena kondisi rambut yang lembap bisa menyebabkan sakit kepala yang mengganggu saat bangun keesokan paginya, loh. Hal ini karena rambut lembap menyebabkan turunnya suhu pada leher dan kepala secara tiba-tiba, sehingga otak kesulitan menyeimbangkan suhu dan berakhir dengan munculnya sakit kepala mencengkeram.

Tak hanya menyebabkan sakit kepala, mandi tengah malam juga bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengganggu kesehatan jantung
  • Memperburuk kondisi rematik yang Anda miliki
  • Menyebabkan flu
  • Membuat otot menjadi tegang dan kaku
  • Membuat asma kambuh

Baca Juga:  Benarkah Pria Lebih Rentan Alami Sakit Kepala Mencengkeram?

Saat sakit kepala mencengkeram melanda setelah keramas dan mandi tengah malam, sebaiknya segera istirahat dan redakan keluhannya dengan perbanyak minum air mineral, ya. Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, hindari juga untuk mandi atau keramas tengah malam. Sebaiknya lakukan hal ini di keesokan pagi atau sore hari dan pastikan Anda tidur dalam kondisi rambut sudah kering, ya! Jika keluhannya semakin mengganggu, Anda juga bisa mengatasinya dengan minum obat pereda sakit kepala.

bodrex untuk sakit kepala mencengkram