Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini

Kebanyakan orang akan memilih beristirahat ketika mengalami sakit kepala. Cara ini tidak salah, tetapi jika sakit kepala yang Anda alami adalah sakit kepala mencengkeram di bagian belakang kepala yang disebabkan oleh ketegangan otot, tak ada salahnya Anda mencoba alternatif solusi lain yaitu berolahraga.

Tenang saja, tak perlu olahraga berat yang membuat Anda banjir keringat, yang Anda butuhkan adalah latihan ringan yang dapat menurunkan stres dan mengendurkan otot yang tegang. Dua hal tersebut adalah salah satu penyebab utama sakit kepala karena tegang. Lakukan gerakan yang tepat untuk mengatasi dua masalah tersebut dengan tips olahraga berikut ini.

Mulai dari yoga

Dikutip dari Web MD, Merle Diamond, MD, seorang mitra pengelola Diamond Headache Clinic di Chicago mengatakan, “Anda harus berfokus pada dua hal, yaitu latihan pernapasan dan relaksasi leher atau tulang belakang. Untuk itu, Diamond menyarankan untuk mencoba latihan yoga.  Gerakan yoga membantu Anda meregangkan dan melemaskan tubuh Anda, memperbaiki postur tubuh Anda (terutama jika Anda terlalu sering membungkuk di depan komputer), dan bernafas lebih teratur. Dengan begitu sakit kepala Anda dapat berkurang.

Alternatif lain

Jika yoga tidak cocok untuk Anda, masih ada jenis latihan lain yang bisa Anda coba, diantaranya pilates, barre class, atau berjalan kaki di lingkungan sekitar. Jenis olahraga tersebut juga bisa meregangkan leher dan punggung Anda serta memperbaiki ritme pernafasan. Olahraga menurut Diamond adalah bentuk lain dari meditasi karena memiliki efek yang serupa yaitu meredakan stres dan merelaksasi tubuh.

Perkuat otot-otot terkait

Jika Anda berpikir bahwa latihan kekuatan dapat memperburuk sakit kepala, ternyata hal ini tidak benar. Anda tetap bisa melakukan latihan kekuatan dengan menggunakan resistance band. Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda menderita sakit pada leher dan bahu sehingga sering sakit kepala, latihan 2 menit setiap hari dengan resistance band dapat mengurangi frekuensi sakit kepala secara bertahap. Latihan ini dapat menguatkan otot leher, punggung, dan bahu yang tegang selama Anda duduk di meja kerja.

Jangan lewatkan pemanasan

Pastikan Anda melakukan pemanasan secara bertahap sebelum berolahraga. Jika Anda terlalu intens dan terlalu cepat memulai, Anda justru akan memicu sakit kepala atau membuatnya bertambah buruk. Latihan tidak hanya menyelasaikan masalah sakit kepala untuk jangka pendek, namun jika Anda terbiasa berolahraga secara rutin, ke depannya intensitas sakit kepala akan berangsur-angsur berkurang. Tanpa disadari kebiasaan olahraga membantu tubuh Anda menghasilkan endorfin, yang membantu tubuh Anda mengobati rasa sakit secara alami.

Sumber: webmd.com