Gajian Cuma Numpang lewat? Ini Tips Biar Nggak Jadi Sakit Kepala!

Gajian Cuma Numpang lewat? Ini Tips Biar Nggak Jadi Sakit Kepala!

Penyebab sakit kepala buka hanya karena masalah fisik saja, tetapi bisa terjadi akibat masalah psikis seperti stres. Pemicu stres pun ada bermacam-macam; pekerjaan, hubungan, hingga finansial. Untuk masalah yang terakhir, tentu Anda sepakat masalah finansial memang sangat penting dan tidak bisa diremehkan. Nah, supaya tidak mengalaminya, ini cara kelola gaji, supaya gajian nggak cuma ‘numpang lewat’ supaya Anda nggak jadi sakit kepala!

Ternyata kunci dari dari bebas stres finansial terletak pada pengelolaan yang bijak. Sedikit atau banyak, gaji tetap akan habis apabila tidak dikelola. Selain untuk biaya hidup serta tabungan, alokasi dana untuk kebutuhan mendadak juga sangat penting. Jika selama ini Anda belum menerapkan pengelolaan finansial dengan cermat, sekaranglah saat yang tepat untuk memulainya. Jangan ditunda lagi, yuk lakukan tips berikut ini:

1. Buat catatan cashflow

Rutin mencatat pengeluaran akan membantu memonitor keluar masuk dana. Hal ini membantu kita mengevaluasi dan mengeliminasi pengeluaran yang tidak terlalu perlu—misalnya membeli iced coffee favoritmu setiap hari!

2. Atur Prioritas Kebutuhan

Mengatur keuangan bulanan penting dilakukan agar gaji yang dimiliki bisa dialokasi dengan baik. Terutama di tengah pandemi, atur prioritas pengeluaran berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan. Utamakan hal-hal seperti dana pendidikan anak dan dana kesehatan ya!

3. Pisahkan Rekening Tabungan

Menabunglah di awal ketika baru saja menerima gaji dan pisahkan rekening tabungan dengan rekening pengeluaran sehari-hari. Hal ini akan membuat pengelolaan keuangan lebih efektif.

4. Optimalkan Promo

Jangan gengsi menggunakan berbagai promo yang tersedia, mulai dari promo transportasi, beli makanan, hingga hal-hal lain yang jadi kebutuhanmu. Meski potongannya kecil, jika promo berbagai pembelanjaan dijumlahkan, selisihnya cukup lumayan, lho. Meski demikian, tetaplah memanfaatkan promosi untuk membeli hal yang benar-benar Anda butuhkan, promo cicilan 0% atau diskon pemakaian kartu kredit untuk hal yang sebenarnya tidak Anda perlukan bukanlah penghematan, namun pemborosan!

5. Next Step, Investasi

Jika Anda sudah konsisten mencatat cashflow dan mengatur prioritas finansial, berarti Anda sudah siap ‘naik kelas’ yaitu mempelajari serta memilih jenis investasi sesuai dengan risiko dan keuntungan masing-masing.

Nah bagaimana dengan tips di atas? Semoga bisa membantu Anda terhindar dari sakit kepala akibat gaji yang cuma ‘numpang lewat’. Kalau sakit kepala, redakan dengan bodrex aja!

Baca Juga: 5 Ide Bersantai Agar Sakit Kepala Tegang Tidak Kumat Lagi