5 Ide Bersantai Agar Sakit Kepala Tegang Tidak Kumat Lagi

5 Ide Bersantai Agar Sakit Kepala Tegang Tidak Kumat Lagi

Sakit kepala tegang yang Anda rasakan bisa jadi akibat kurang bersantai! Bersantai seringkali dianggap sebagai sikap ‘malas’ atau membuang-buang waktu. Padahal tidak demikian lho. Bersantai justru sangat penting dilakukan secara berkala demi kesehatan fisik maupun mental. Jika Anda orang yang jarang bersantai dan bingung harus mulai dari mana, coba lakukan 5 ide bersantai berikut ini agar sakit kepala tegang tidak kumat lagi!

Pijat

Siapa sih yang tidak suka dipijat? Kegiatan satu ini sudah pasti ada di daftar nomor 1 hal yang perlu Anda lakukan untuk bersantai. Pijatan diketahui dapat merelaksasi otot dan melancarkan sirkulasi darah yang pada akhirnya membuat tubuh Anda secara keseluruhan menjadi lebih santai. Agar hasilnya lebih maksimal, mandilah dengan air hangat 1-2 jam sesudah dipijat. Dijamin Anda bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas setelahnya.

‘Puasa’ gadget

Bukan hanya bisa bikin postur tubuh jadi buruk karena terus menerus menatap layar ponsel atau komputer, gadget juga bisa bikin Anda jadi lebih tegang karena berbagai informasi yang tersedia di dalamnya; berita politik, media sosial, dan lain sebagainya. Untuk meredakan ketegangan, Anda bisa mencoba ‘puasa’ gadget. Walau tidak bisa sepenuhnya berhenti menggunakan gadget, cobalah berkomitmen untuk sign out dari media sosial dan batasi waktu membaca berita menjadi 10-15 menit saja per hari. Terapkan ‘puasa’ gadget ini selama seminggu dan lihat perubahan yang Anda rasakan setelahnya.

Makan makanan favorit

Makan makanan favorit selalu ampuh untuk meredakan stres dan membuat kita bahagia. Tidak ada salahnya menghibur diri dari ketegangan apapun yang sedang Anda rasakan dengan memesan makanan favorit. Namun jangan sampai makan berlebihan agar tidak memicu gangguan kesehatan tertentu.

Tidur siang

Tidur malam berkualitas memang kebutuhan yang harus terpenuhi. Namun, apakah Anda pernah merasakan nikmatnya tidur siang? Jika Anda tergolong orang yang sibuk dengan mobilitas tinggi (termasuk di akhir pekan), cobalah sisihkan waktu untuk tidur siang selama 1 jam dan rasakan betapa segar tubuh Anda setelahnya. Namun hindari tidur siang lebih dari 2 jam dan lewat dari pukul 16.00, sebab berisiko membuat Anda sulit tidur di malam hari.

‘Cuti’ dari pekerjaan rumah tangga

Cuti dari kantor adalah salah satu opsi agar Anda bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Namun hal tersebut tidak akan optimal apabila Anda masih memiliki setumpuk pekerjaan rumah tangga untuk dilakukan. Sesekali boleh kok ‘cuti’ dari pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan rumah atau memasak. Gunakan jasa petugas pembersih rumah dan laundry, kemudian pesanlah makanan dari aplikasi. Untuk sehari saja, rehatlah dari pekerjaan rumah tangga Anda juga.

Itulah 5 ide bersantai agar sakit kepala tegang tidak kumat lagi. Mana nih yang jadi favorit Anda dan ingin dilakukan terlebih dulu?

Baca Juga: Ternyata Jenis Sakit Kepala Ini yang Paling Sering Dialami Orang, Apakah Itu?