Cegah Rasa Parno, Simak Cara Mengobati Batuk yang Tak Kunjung Sembuh Berikut Ini

Cegah Rasa Parno, Simak Cara Mengobati Batuk yang Tak Kunjung Sembuh Berikut Ini

Mengalami batuk saat pandemi tentu menimbulkan kecemasan yang berkali lipat. Apalagi jika batuknya terjadi cukup lama. Saat hal ini terjadi, aktivitas pun terganggu dan rasa parno akan muncul setiap harinya. Oleh karena itu, simak beberapa cara mengobati batuk yang tak kunjung sembuh berikut ini agar Anda bisa kembali beraktivitas dengan lebih tenang dan nyaman.

Cara Mengobati Batuk yang Tak Kunjung Sembuh:

1. Test Antigen atau PCR

Meski bukan termasuk sebagai tindakan mengobati batuk yang tak kunjung sembuh, namun melakukan test antigen atau PCR bisa memberitahukan apakah kita terinfeksi virus COVID-19 atau tidak. Setelah hasilnya keluar, setidaknya Anda bisa merasa lebih lega dan mengetahui langkah apa yang bisa Anda lakukan setelahnya.

2. Isolasi Mandiri

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan isolasi mandiri di rumah, yaitu menjauhkan diri dari anggota keluarga lainnya. Selama isolasi mandiri ini, beberapa hal yang bisa Anda lakukan diantaranya:

  • Tetap aktif berolahraga
  • Memenuhi kebutuhan air mineral
  • Makan makanan bergizi
  • Tidur cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  • Minum obat batuk sesuai saran dokter

Baca Juga: Batuk Tidak Berdahak Gejala COVID-19? Tak Perlu Cemas Berlebihan, Atasi dengan Cara Berikut Ini!

3. Mematuhi Protokol Kesehatan

Meski beraktivitas di rumah, selalu pastikan untuk mematuhi beberapa hal berikut ini.

  1. Menggunakan masker
  2. Mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir
  3. Menutup mulut saat bersin menggunakan tisu, kedua tangan, atau lipatan siku
  4. Menjaga jarak
  5. Menghindari kerumunan

4. Menghibur Diri Sendiri

Agar hati merasa tenang selama masa isolasi mandiri di rumah, isi kegiatan Anda sehari-hari dengan melakukan hal yang menyenangkan di luar dari pekerjaan. Misalnya dengan nonton film di sela waktu istirahat, mendengarkan musik, menonton tayangan seru di internet, atau bermain game. Dengan begini, rasa parno Anda bisa berkurang dan daya tahan tubuh pun meningkat.

Setelah membaca beberapa penjelasan di atas, sekarang tak perlu cemas dan parno lagi, ya. Selalu patuhi protokol kesehatan dan juga melengkapi persediaan obat-obatan di rumah. Jika gejala berlanjut, segera hubungi dokter. Sebagai antisipasi, kamu juga bisa selalu sedia obat flu & batuk di rumah, pilihlah obat flu & batuk yang sesuai dengan gejala yang kamu alami ya agar penanganannya bisa lebih efektif.

Baca Juga: Kata Siapa WFH Tidak Produktif? Yuk Simak 10 Tips Tetap Produktif Saat WFH