Kata Siapa WFH Tidak Produktif? Yuk Simak 10 Tips Tetap Produktif Saat WFH

Kata Siapa WFH Tidak Produktif? Yuk Simak 10 Tips Tetap Produktif Saat WFH

Di masa pandemik seperti sekarang ini, istilah Work from Home (WFH) tentu bukanlah hal yang asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Meski rasanya akan terasa sangat berbeda, namun menghabiskan sebagian besar waktu di rumah juga memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah dapat berkumpul dengan keluarga, meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus memutus rantai penularan virus Covid-19. Nah, agar Anda tetap dapat beraktivitas dengan nyaman dan produktif saat WFH, simak tipsnya berikut ini.

  1. Tetap bangun pagi layaknya akan pergi ke kantor seperti biasanya. Percayalah membiasakan diri untuk bangun pagi selama WFH bisa membuat Anda lebih semangat untuk beraktivitas sepanjang hari.
  2. Melakukan gerakan olahraga sederhana, seperti jogging atau jalan santai keliling komplek, push up dan sit ups, bersepeda, dan beberapa gerakan peregangan lain selama kurang lebih 30 menit untuk membuat badan lebih segar.
  3. Mandi dan berpakaian rapi meski #dirumahaja. Hal ini juga bisa menambah semangat bekerja sekaligus mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu ada panggilan meeting secara online bersama rekan kerja.
  4. Sarapan dengan menu yang kaya akan protein seperti roti, telur, susu, dan buah-buahan untuk mengisi tenaga agar tetap dapat beraktivitas secara maksimal.
  5. Menghindari bekerja di kamar, untuk mencegah Anda merasa mengantuk akibat bekerja di dalam kamar atau di atas kasur.
  6. Pilih ruang bekerja dengan sirkulasi udara yang lancar dan pencahayaan yang cukup¸ misalnya di ruang keluarga atau ruangan khusus kerja yang Anda ciptakan di rumah. Pastikan kursi dan meja dalam posisi yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh dan menjaga produktivitas, ya.
  7. Nyalakan musik favorit untuk menemani Anda bekerja, namun pastikan dalam volume yang normal agar tidak mengganggu konsentrasi selama WFH.
  8. Menyusun ­to-do-list untuk mempermudah aktivitas sehari-hari.
  9. Mulailah dengan menyelesaikan pekerjaan yang cukup berat dengan tujuan agar Anda bisa menikmati waktu istirahat dengan lebih nyaman.
  10. Manfaatkan waktu istirahat makan siang dengan baik, yaitu dengan makan yang cukup dan mengisi waktu dengan menonton video atau serial favorit untuk menyegarkan pikiran sebelum kembali bekerja dan menyelesaikan pekerjaan hingga jam kerja telah usai.