Cara Sembuhkan Batuk Berdahak Akibat Flu

Cara Sembuhkan Batuk Berdahak Akibat Flu

Tak hanya membuat aktivitas sehari-hari terganggu, mengalami batuk berdahak saat flu juga membuat tidur di malam hari terasa tidak nyaman. Meski keluhan ini bukanlah hal yang mengkhwatirkan dan akan sembuh dengan sendirinya, namun Anda harus segera menemukan cara sembuhkan batuk berdahak untuk mempercepat proses penyembuhan dan tidak menularkannya pada orang lain. Namun, bagaimana caranya ya?

Minum Air Hangat

Cara sembuhkan batuk berdahak saat flu paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak minum air hangat. Tujuannya agar sisa virus dan bakteri yang menempel di saluran pernapasan dapat terdorong ke saluran pencernaan untuk kemudian dikeluarkan melalui kotoran dan keringat.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Langkah selanjutnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat agar batuk berdahak cepat reda dan juga meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak kembali terinfeksi virus lainnya. Beberapa pola hidup sehat yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Tetap menggunakan masker. Pastikan untuk menggunakan masker medis dan melapisinya lagi dengan masker kain di bagian luarnya sebagai perlindungan ganda. Apalagi jika Anda masih harus beraktivitas di luar rumah dan banyak menggunakan transportasi umum.
  • Rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan dibilas menggunakan air bersih. Jika sulit mendapatkan akses untuk mencuci menggunakan sabun dan air, maka sediakan selalu tisu basah atau hand sanitizer dalam tas Anda, ya.

Baca Juga: Jangan Panik Dulu, Ini Cara Mengobati Flu dan Batuk di Masa Pandemi

Mengurangi Makanan Berlemak, Berminyak, dan Pedas

Dilansir dari Kompas.com, makanan berminyak dan berlemak bisa membuat batuk menjadi makin parah, misalnya gorengan. Penggunaan minyak goreng yang berulang dapat menyebabkan pembentukan akrolein yang memicu peradangan di tenggorokan dan menimbulkan rasa gatal yang menyiksa. Selain itu, tekstur gorengan yang kering dan kasar juga bisa mengiritasi dinding tenggorokan, kandungan lemak dan minyak yang berlebihan juga lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh. Hal inilah yang mungkin menekan proses kekebalan tubuh dan dapat memperburuk peradangan tenggorokan, sehingga batuk berdahak yang Anda alami bisa semakin parah.

Minum Obat Sesuai dengan Jenis Batuknya

Beda jenis batuk, maka berbeda pula jenis obatnya. Cara sembuhkan batuk berdahak disertai flu jika terasa sangat mengganggu adalah dengan segera minum obat yang sesuai dengan keluhan yang Anda alami. Untuk keluhan batuk berdahak, maka Anda bisa minum obat batuk berdahak dengan kandungan bahan berikut ini.

  1. Guaifenesin untuk meredakan batuk berdahak. Kandungan ini tergolong sebagai ekspektoran untuk mengencerkan dahak atau lendir yang menggumpal di dada atau tenggorokan. Bagi ibu hamil, dosis yang dianjurkan adalah 2.400 mg dalam 24 jam.
  2. Bromhexine, merupakan obat kategori A dan juga tergolong sebagai ekspektoran dan bisa dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Selain dengan melakukan beberapa hal di atas, cara sembuhkan batuk berdahak juga bisa dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan tidur di malam hari selama enam hingga delapan jam, ya. Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga proses penyembuhannya bisa berlangsung lebih cepat.

Artikel Lainnya: Sering Sakit Kepala Bisa Jadi Psikosomatis, Ini Cara Mengatasinya!