Cara Meredakan Sakit Kepala dengan Aman di Rumah

Cara Meredakan Sakit Kepala dengan Aman di Rumah

Sakit kepala tidak selalu merupakan indikasi dari penyakit yang berbahaya. Sakit kepala bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari kelelahan, lingkungan, hingga stres secara psikis.

Sebenarnya Anda tidak perlu langsung panik saat mengalami sakit kepala, namun jika terjadi di waktu yang genting (misal, sesaat menjelang waktu tidur malam!), rasanya pasti sangat menyebalkan. Meski begitu, tak perlu khawatir yaa. Anda bisa mencoba cara meredakan sakit kepala dengan aman di rumah berikut ini:

Kompres dingin

Mengompres dengan air dingin atau es batu masih jadi salah satu cara yang ampuh untuk meredakan sakit kepala. Kompreslah bagian dahi selama 15 menit, kemudian istirahatkan selama 15 menit. Pastikan Anda juga mengompres bagian mata. Seringkali mata Lelah juga menjadi sumber sakit kepala yang Anda rasakan.

Gunakan Bantalan Pemanas atau Kompres Panas

Kompres air hangat atau bantalan pemanas, efektif digunakan apabila Anda merasakan sakit kepala tegang. Letakkan di bagian leher bagian belakang untuk mengurangi ketegangan. Sementara jika sakit kepala Anda disebabkan oleh sinus, gunakan handuk hangat pada bagian yang sakit atau cobalah mandi dengan air hangat.

Lepaskan tekanan pada kepala

Tanpa disadari, sakit kepala bisa terjadi karena hal-hal sepele. Misalnya Anda menguncir rambut terlalu ketat, menggunakan bando atau ciput (dalaman jilbab) yang terlalu ketat, atau aksesori kalung yang terlalu berat. Yuk, lepaskan dulu semua ‘tekanan’ yang ada di sekitar kepala dan lehermu, tunggu beberapa saat sampai sakit kepalamu menjadi lebih ‘enteng’.

Baca Juga: Sering Sakit Kepala Bagian Belakang, Waspadai 5 Kemungkinan Ini

Redupkan cahaya

Matikan atau minimal redupkan semua sumber cahaya di sekitar Anda, termasuk dari layar smartphone. Pasang mode malam hari dan blue light filter agar terasa lebih nyaman di mata. Banyak kasus sakit kepala berasal dari masalah penglihatan. Sebagai pertolongan pertama, minimalisir dulu paparan cahaya yang terlalu terang. Jika sakit kepala terjadi di siang hari, tutup gorden atau kenakan kacamata hitam dalam ruangan hingga sakit kepala membaik.

Memijat sumber sakit kepala

Anda bisa melakukannya sendiri bagian tubuh yang ‘diduga’ menjadi sumber sakit kepala;  dahi, leher, dan pelipis syang mungkin dikarenakan sakit kepala tegang. Namun tidak menurut kemungkinan pegal atau sakit yang dirasakan bagian tubuh lain bisa berimbas menjadi sakit kepala. Pertimbangkan untuk menggunakan jasa tukang pijat professional.

Minum jahe hangat untuk relaksasi

Selain pijatan, mengonsumsi minuman jahe hangat juga bisa merelaksasi dan menghilangkan sakit pada tubuh yang Lelah. Konsumsi teh dengan campuran jahe dan madu, atau rebusan air jahe dicampur susu. Tubuh akan terasa lebih hangat dan rileks dari ‘dalam’. 

Jika sakit kepala tak kunjung reda, minum obat sakit kepala dan pastikan Anda cukup beristirahat. Jika tidak disebabkan oleh hal serius, sakit kepala umumnya akan pulih dengan sendirinya setelah beberapa waktu.