Cara Memilih Obat Sakit Kepala Migrain yang Cocok untuk Anda

Cara Memilih Obat Sakit Kepala Migrain yang Cocok untuk Anda

Sakit kepala sebelah atau migrain tidak bisa disepelekan. Obatnyapun tidak bisa sembarangan. Oleh karena itu apabila Anda mengalami masalah ini, coba ikuti cara memilih obat sakit kepala migrain yang cocok untuk Anda agar bisa tertangani dengan efektif.

Cek komposisi obat

Perhatikan komposisi obat yang akan Anda beli. Meski membeli obat bebas tidak harus menggunakan resep, Anda tetap perlu memperhatikan komposisinya. Jika obat tersebut mengandung zat tertentu yang bisa memicu alergi atau gangguan kesehatan lain pada diri Anda, sebaiknya hindari dan cari alternatif obat yang lain dengan khasiat sama.

Ikuti Aturan Pakai

Perhatikan dosis dan aturan pakai yang tertulis pada kemasan obat, lalu patuhi . Berapa kali obat tersebut dapat diminum dalam satu hari? Apakah obat tersebut dapat diminum sebelum makan atau harus setelah makan? Obat yang diminum sesuai aturan pakai akan bekerja lebih optimal dan minim efek samping.

Baca Juga: Cara Tepat Minum Obat Sakit Kepala

Perhatikan Reaksi Obat

Jika Anda belum pernah mengonsumsi obat tersebut sebelumnya, perhatikan reaksi tubuh terhadap obat hingga beberapa waktu setelah meminumnya. Apakah jantung Anda berdebar setelah minum obat, merasa mual, atau muncul keluhan lain yang tidak biasa? Bisa jadi obat tersebut tidak cocok untuk Anda dan konsultasikan pada dokter apakah reaksi tersebut masih dalam batas wajar atau tidak.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Beberapa obat mungkin memiliki reaksi seperti mengantuk. Hal ini wajar, namun perlu disesuaikan dengan dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda perlu melakukan aktivitas seperti menyetir atau meeting? Jika ya, sebaiknya pilih obat yang tidak menyebabkan rasa ngantuk. Beberapa obat sakit kepala mungkin menyertakan komposisi anti ngantuk seperti kafein di kopi.

Nah, itu dia cara memilih obat sakit kepala sebelah atau migrain. Jika sakit kepala sebelah yang Anda rasakan tak kunjung membaik, ada baiknya berkonsultasi segera berkonsultasi kepada dokter. Ingat, jangan sembarangan minum obat karena beda sakit kepala, beda obatnya!

Baca Juga: Jangan Sembarangan Minum Obat, Ini Cara Meredakan Sakit Kepala Sesuai Jenisnya