Benarkah Minum Es Dapat Memperparah Gejala Flu dan Batuk yang Kita Alami?

Benarkah Minum Es Dapat Memperparah Gejala Flu dan Batuk yang Kita Alami?

Saat mengalami gejala flu dan batuk, mengonsumsi minuman dingin seperti es menjadi salah satu pantangan yang harus dipatuhi. Sebab, banyak orang beranggapan bahwa jenis minuman ini dapat memperparah gejala flu dan batuk yang kita alami. Benarkah?

Minum Es Dapat Memperparah Gejala Flu dan Batuk: MITOS!

Pada dasarnya, minuman dingin seperti es tidak akan membuat gejala flu dan batuk menjadi semakin parah. Namun, hal ini hanya berlaku jika es yang dikonsumsi terbuat dari air bersih dan matang. Melansir dari Halodoc.com, gejala flu dan batuk bisa menjadi semakin parah jika kita mengonsumsi es yang terbuat dari air mentah atau air yang tidak bersih, sehingga berpotensi mengandung bakteri jahat di dalamnya.

Jika kebetulan Anda sedang mengalami gejala flu dan batuk namun sangat ingin minum es, sebaiknya pastikan dulu es yang digunakan terbuat dari air bersih dan matang, ya. Selain itu, perhatikan juga kebersihan dari tempat penyimpanan esnya. Apabila masih merasa ragu, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, sehingga terjamin higienitasnya.

Bukan karena minum es, gejala flu dan batuk yang dialami seseorang juga dapat bertambah parah akibat beberapa hal berikut ini.

  1. Tidak mencukupi kebutuhan cairan tubuh.
  2. Stres, terutama saat kronis, dapat membuat flu dan batuk bertahan lebih lama. Misalnya saja ketika Anda teringat deadline pekerjaan, kondisi rumah yang berantakan, atau hal lain yang dapat mengganggu kenyamanan Anda.
  3. Udara kering dan dingin, seperti dalam ruangan berAC dapat mengiritasi saluran pernapasan dan menyebabkan batuk. Sebab udara kering dan lembap bisa menjadi pemicu flu dan batuk lebih parah serta mendorong tumbuhnya debu dan jamur. Kondisi inilah yang membuat flu dan batuk semakin lama sembuh.

Cara mengatasi gejala flu dan batuk

Meski mengonsumsi minuman dingin tidak akan membuat gejala flu dan batuk menjadi semakin parah, menghindarinya untuk sementara waktu justru akan lebih baik. Alih-alih minum es saat flu dan batuk, berikut ini beberapa perawatan rumahan yang bisa Anda lakukan untuk membantu mempercepat proses penyembuhan keluhan yang dialami.

  1. Penuhi kebutuhan cairan dengan minum air mineral hangat, buah yang tinggi kandungan air, minum air lemon hangat, atau makanan yang berkuah. Tujuannya adalah untuk mencegah dehidrasi dan melegakan tenggorokan.
  2. Menghindari makanan dan minuman yang tinggi gula. Sebab gula berlebih dapat menurunkan daya tahan tubuh kita, sehingga proses pemulihan akan berlangsung lebih lama.
  3. Mengistirahatkan diri di rumah sampai benar-benar pulih.
  4. Menyesuaikan suhu dan kelembapan ruangan, terutama di kamar. 

Jika gejala flu dan batuk cukup mengganggu rutinitas harian, redakan juga dengan minum obat flu dan batuk sesuai dengan keluhan yang dialami, memiliki formula yang pas dan aman dikonsumsi, efektif redakan flu dan batuk, serta tidak menimbulkan rasa ngantuk, sehingga Anda tetap dapat melanjutkan aktivitas dengan lebih nyaman.