Benarkah Pria Lebih Rentan Alami Sakit Kepala Mencengkeram?

Benarkah Pria Lebih Rentan Alami Sakit Kepala Mencengkeram?

Penelitian menunjukkan penderita migrain didominasi oleh wanita. Bagaimana dengan sakit kepala mencengkeram? Benarkah pria lebih rentan alami sakit kepala mencengkeram?

Sakit kepala adalah masalah kesehatan yang umum. Hampir setiap orang pernah mengalaminya, walaupun tentu saja pengalaman setiap penderita bisa berbeda. Sakit kepala mencengkeram atau tegang adalah jenis sakit kepala yang sangat umum. Sakit kepala ini sering menyebabkan nyeri ringan hingga sedang di sekitar kepala, wajah atau leher. Mereka biasanya tidak menyebabkan gejala lain (seperti mual atau muntah). Umumnya sakit kepala tegang tidak dianggap berbahaya, namun saat mengalaminya, Anda mungkin cukup terganggu sehingga dapat memengaruhi aktivitas yang Anda lakukan.

 

Dua Jenis Sakit Kepala Mencengkeram

Secara umum, sakit kepala mencengkeram dibagi menjadi dua jenis yang dibedakan berdasarkan seberapa parah dan sering sakit kepala yang Anda alami.

  1. Sakit kepala tipe tegang episodik adalah jenis yang lebih jarang terjadi atau terjadi kurang dari 15 hari sebulan.
  2. Tipe sakit kepala tegang kronis terjadi 15 hari atau lebih setiap bulan selama lebih dari tiga bulan berturut-turut.

Para peneliti memperkirakan bahwa sebanyak 2 dari 3 orang dewasa di AS mengalami sakit kepala tegang. Meskipun sebenarnya angka ini sulit dipastikan karena tidak semua orang yang mengalami sakit kepala tegang, ada baiknya untuk Anda segera berkonsultasi dengan dokter. Sakit kepala tegang kronis lebih jarang terjadi dan ‘hanya’ memengaruhi sekitar 3% orang dewasa. Namun dari 3% tersebut, ternyata wanita tetap lebih sering mengalami sakit kepala mencengkeram daripada pria. Hal ini serupa dengan sakit kepala sebelah. Bahkan Wanita yang sedang mengalami sakit kepala sebelah juga kerap mengalami sakit kepala tegang di saat yang sama atau berdekatan. Jika Anda masih sulit membedakannya, berikut perbedaan sakit kepala sebelah dan sakit kepala tegang.

Gejala sakit kepala sebelah :

  • dapat terjadi kembali kadang-kadang atau seringterjadi di satu sisi
  • bisa terasa seperti berdenyut
  • dapat memburuk dengan aktivitas fisik normal
  • membuat seseorang merasa mual dan sensitif terhadap cahaya atau suara
  • rasa sakit sedang hingga berat
  • Sering disertai dengan aura; titik buta, sensitivitas terhadap cahaya, pola zigzag, garis dan bintik berwarna, pusing, serta kelemahan otot

 

Ciri-ciri Sakit Kepala Tegang:

  • dapat terjadi kembali sesekali, sering, atau setiap hari
  • dirasakan di kedua sisi kepala
  • biasanya tidak menyebabkan seseorang merasa mual kecuali jika itu adalah tipe kronis
  • rasa sakit yang dirasakan ringan hingga sedang

Meski memiliki gejala yang berbeda, namun keduanya bisa sangat mengganggu Anda. Maka, sebaiknya Anda selalu sedia obat pereda sakit kepala di rumah ya.

bodrex untuk sakit kepala mencengkram