Atasi Migrain Saat Liburan

Atasi Migrain Saat Liburan

Sudah menantikan liburan dari jauh-jauh hari, tetapi malah migrain di tengah liburan? Pasti sangat menyebalkan. Sayangnya, migrain seringkali muncul tanpa mengenal waktu. Daripada kesal karena waktu liburan terganggu, coba lakukan tip di bawah ini untuk menghindari dan mengatasi migrain di waktu liburan.

  1. Rencanakan di awal Buat rencana liburan sejak sebelum berangkat. Tidak perlu terlalu rinci, paling tidak Anda tahu gambaran besar aktivitas atau lokasi-lokasi wisata yang akan Anda datangi. Pesan hotel sebelum berangkat dan pikirkan transportasi selama liburan. Jangan sampai Anda pergi tanpa rencana sama sekali karena jika segala sesuatunya tidak berjalan lancar, karena dapat membuat Anda stres. Sedangkan stres adalah salah satu Pemicu Migrain. Jadi, persiapkan dengan baik ya!
     
  2. Tetap terhidrasi Liburan seringkali membuat Anda lupa minum. Berbeda dengan di kantor atau di rumah di mana air minum mudah Anda jangkau. Saat liburan, Anda mungkin malas untuk membawa-bawa botol minum sehingga hanya minum sekadarnya saja. Jika sudah begini, hati-hati dehidrasi. Kekurangan cairan juga bisa membuat Anda sakit kepala.
     
  3. Jangan lewatkan jam makan Perut yang kelaparan tidak hanya bisa membuat Anda sakit maag, tetapi juga jadi pemicu sakit kepala. Saat liburan, sepadat apapun aktivitasnya, pastikan Anda tetap makan teratur tiga kali dan selingi dengan snack yang sehat seperti buah untuk menunda rasa lapar.
     
  4.  Gunakan kacamata hitam Pakai kacamata hitam bukan hanya membuat Anda terlihat lebih bergaya, tetapi bisa mengatasi migrain. Penderita migrain biasanya mengalami sensitivitas terhadap cahaya. Jadi, jika Anda termasuk orang yang kerap mengalami migrain, jangan pernah lepaskan kacamata hitam selama Anda berada di luar ruangan, terutama jika matahari sedang terik-teriknya. Bahkan, kacamata hitam juga perlu dipakai di dalam ruangan atau kendaraan yang terekspos cahaya matahari.
     
  5. Sedia obat sakit kepala Kalau sudah sering migrain, tidak ada salahnya berjaga-jaga membawa obat sakit kepala di antara barang-barang pribadi Anda. 
     
  6. Santai dan enjoy! Kadang situasi ketika liburan mungkin tidak seindah harapanmu. Mulai dari perjalanan yang macet, partner liburan yang menyebalkan, dan kendala tak terduga lainnya. Santai saja! Jangan terlalu dipikirkan. Coba lihat sisi lucu dan positif dari setiap kejadian. Anda akan terhindar dari stres Pemicu Migrain dan bisa tetap menikmati liburan dengan asyik.