7 Penyebab Sakit Kepala yang Tidak Anda Duga

7 Penyebab Sakit Kepala yang Tidak Anda Duga

WHO (World Health Organization) memperkirakan setidaknya  47% orang dewasa mengalami sakit kepala sekali dalam setahun.  Penyebabnya bisa bermacam-macam, beberapa di antaranya mungkin tidak Anda duga. Berikut penyebab sakit kepala yang harus Anda waspadai.

1.    Menjepit telepon
Menjepit telepon di antara telinga dan bahu Anda selama beberapa menit dapat membuat leher Anda tegang. Dan ini memicu terjadinya tension headache. Gunakan hands-free atau aktifkan speaker jika tangan Anda sibuk melakukan pekerjaan lain.

2.    Menatap monitor terlalu lama
Jarang berkedip saat bekerja di depan layar komputer dapat membuat mata tegang. Ini dapat memicu sakit kepala. Gunakan screen protector dan alihkan pandanganmu setiap beberapa menit ke objek kurang lebih 6 meter jauhnya.

3.    Barang bawaan
Coba timbang tas Anda. Jika beratnya 4-5 kg bisa jadi itu sumber sakit kepala Anda. Beban yang berat di bahu Anda bisa menyebabkan leher tegang. Itu adalah sumber sakit kepala Anda.

4.    Bau yang menyengat
Dari pembersih ruangan, pewangi udara, sampai parfum mengandung zat kimia yang dapat memicu sakit kepala. Terlebih jika Anda termasuk orang yang peka terhadap bebauan.

5.    Kekurangan pelukan
Sentuhan fisik seperti pelukan dapat memberi oxytocin yang dapat meredakan sakit kepala. Pelukan dapat merelaksasi sehingga ketegangan penyebab sakit kepala dapat dihindari.

6.    Cahaya yang menyilaukan
Cahaya yang sangat terang apalagi jika berkerlip dapat memicu sakit kepala sebelah karena mengaktifkan sejumlah zat kimia dalam otak yang memicu pusat migrain.

7.    Emosi
Ketika Anda marah, otot di belakang leher dan kulit kepala menegang sehingga menyebabkan kepala bagai diikat kencang-kencang. Ini juga dapat menyebabkan tension headache.

Foto: Shutterstock