WHO (World Health Organization) memperkirakan setidaknya  47% orang dewasa mengalami sakit kepala sekali dalam setahun.  Penyebabnya bisa bermacam-macam, beberapa di antaranya mungkin tidak Anda duga. Berikut penyebab sakit kepala yang harus Anda waspadai.

1.    Menjepit telepon
Menjepit telepon di antara telinga dan bahu Anda selama beberapa menit dapat membuat leher Anda tegang. Dan ini memicu terjadinya tension headache. Gunakan hands-free atau aktifkan speaker jika tangan Anda sibuk melakukan pekerjaan lain.

2.    Menatap monitor terlalu lama
Jarang berkedip saat bekerja di depan layar komputer dapat membuat mata tegang. Ini dapat memicu sakit kepala. Gunakan screen protector dan alihkan pandanganmu setiap beberapa menit ke objek kurang lebih 6 meter jauhnya.

3.    Barang bawaan
Coba timbang tas Anda. Jika beratnya 4-5 kg bisa jadi itu sumber sakit kepala Anda. Beban yang berat di bahu Anda bisa menyebabkan leher tegang. Itu adalah sumber sakit kepala Anda.

4.    Bau yang menyengat
Dari pembersih ruangan, pewangi udara, sampai parfum mengandung zat kimia yang dapat memicu sakit kepala. Terlebih jika Anda termasuk orang yang peka terhadap bebauan.

5.    Kekurangan pelukan
Sentuhan fisik seperti pelukan dapat memberi oxytocin yang dapat meredakan sakit kepala. Pelukan dapat merelaksasi sehingga ketegangan penyebab sakit kepala dapat dihindari.

6.    Cahaya yang menyilaukan
Cahaya yang sangat terang apalagi jika berkerlip dapat memicu sakit kepala sebelah karena mengaktifkan sejumlah zat kimia dalam otak yang memicu pusat migrain.

7.    Emosi
Ketika Anda marah, otot di belakang leher dan kulit kepala menegang sehingga menyebabkan kepala bagai diikat kencang-kencang. Ini juga dapat menyebabkan tension headache.

Foto: Shutterstock

ARTIKELTERKAIT

PENTING, Simak Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Dari Virus di Musim yang Tidak Menentu
26-March-2020

PENTING, Simak Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Dari Virus di Musim yang Tidak Menentu

Dalam beberapa kasus positif COVID-19, sebagian besar penderitanya mengalami gejala batuk, flu, sakit tenggorokan, merasa sangat kelelahan, hingga kesulitan untuk .... read more
Waspada Terhadap Flu dan Batuk Saat Perubahan Cuaca, Intip Cara Mudahnya Berikut Ini
25-February-2020

Waspada Terhadap Flu dan Batuk Saat Perubahan Cuaca, Intip Cara Mudahnya Berikut Ini

Kondisi cuaca yang tidak menentu seringkali menjadi faktor utama mengapa seseorang bisa dengan mudahnya terserang penyakit seperti flu dan batuk, .... read more
Tips Meredakan Flu dan Batuk Tanpa Ngantuk Saat Berkendara
18-February-2020

Tips Meredakan Flu dan Batuk Tanpa Ngantuk Saat Berkendara

beberapa keluhan yang kerap muncul seperti tenggorokan gatal dan kering, hidung tersumbat, sakit kepala, dan juga batuk yang tak berkesudahan .... read more