Influenza merupakan penyakit yang mudah menular dan menyerang siapa saja, terutama ketika daya tahan tubuh sedang tidak fit. Penyakit yang disebabkan virus dari golongan familia Orthomyxoviridae ini, menular dari percikan liur dan lendir penderita batuk dan flu yang terbawa di udara. Virus ini menyerang daya tahan tubuh Anda yang sedang tidak fit lewat saluran pernapasan. Ketika flu pastinya akan mengganggu aktivitas sehari-hari, karenanya jika gejala-gejala berikut mulai terasa, bisa jadi penyakit flu dan batuk sudah menyerang Anda:

Gejala #1: Pusing dan Tubuh Terasa Lemas

Gejala utama dari flu dan batuk adalah nyeri di kepala. Ini terjadi karena suhu tubuh meningkat untuk mencegah virus di tubuh berkembang biak. Demam akibat naiknya suhu tubuh ini menyebabkan pembesaran pembuluh darah, akibatnya kepala terasa tertekan dan pusing.

Gejala #2: Demam

Secara mekanisme, tubuh menaikkan suhu tubuh sebagai imun untuk melawan infeksi virus atau bakteri yang masuk ke tubuh. Kenaikan suhu ini sebagai bentuk perlawanan untuk menghambat perkembangbiakan bakteri dan replikasi (penggandaan) virus.

Gejala #3: Nyeri Otot dan Menggigil

Seiring naiknya suhu tubuh, rasa pegal-pegal pun bisa muncul pada beberapa bagian tubuh Anda. Beberapa bagian tubuh yang merasakan nyeri saat flu melanda diantaranya; tengkuk, punggung, lengan hingga ke bagian telapak kaki. Tidak menentunya suhu dan lemahnya tubuh pun akhirnya menyebabkan meriang.

Gejala #4: Hidung Tersumbat

Lendir pada hidung dan tenggorokan berfungsi untuk menahan benda asing (debu) masuk ke dalam tubuh. Namun saat flu, rongga sinus pada saluran hidung mengecil sehingga lendir menumpuk dan diproduksi secara berlebih.

Gejala #5: Tenggorokan Gatal dan Sakit

Gatal pada tenggorokan disebabkan serangan virus pada sistem pernapasan. Beberapa kasus tertentu, virus flu dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan yang mengakibatkan penderita flu kesusahan untuk menelan minum dan makanan.

Gejala #6: Batuk Kering Hingga Berdahak 

Umumnya batuk merupakan suatu cara untuk membuang benda asing pada saluran pernapasan bagian atas dan paru-paru dalam bentuk lendir. Namun disaat flu menyerang, batuk merupakan sebagai reaksi atau respon terhadap adanya iritasi dibagian saluran pernapasan tersebut.

Lakukanlah pencegahan semaksimal mungkin untuk menghindari diri dari Influenza. Anda bisa gunakan masker hidung dan mulut saat berpergian dengan transportasi umum. Jangan lupa jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, buah dan sayuran bervitamin, berolahraga rutin, serta minum air putih 8 gelas atau setara dengan 1,5 liter per hari.

Tetapi, apabila flu dan batuk terlanjur menyerang Anda segeralah minum obat yang tepat, sesuai gejala yang Anda alami. Minum bodrex Flu & Batuk PE yang efektif meredakan gejala flu, seperti; demam, hidung tersumbat, sakit kepala yang disertai Batuk. Terdapat dua varian untuk Anda, yaitu “batuk berdahak” dan “batuk tidak berdahak”. Tersedia dalam dua kemasan yang dapat Anda pilih yaitu; sirup dan kaplet yang mudah untuk diminum kapan saja dan di mana saja. Kita tidak pernah tahu kapan flu dan batuk mulai menyerang, karenanya sediakan selalu bodrex Flu & Batuk PE di rumah dan tempat kerja.

ARTIKELTERKAIT

3 Profesi yang Paling Sering Alami Sakit Kepala Mencengkram
30-March-2019

3 Profesi yang Paling Sering Alami Sakit Kepala Mencengkram

3 Profesi yang Paling Sering Alami Sakit Kepala Mencengkram - Mengapa demikian? Sebab, bisa saja perilaku dan kegiatan sehari-hari adalah .... read more
Hati-hati, 4 Momen Penting Ini Bisa Kacau Akibat Sakit Kepala Sebelah
24-March-2019

Hati-hati, 4 Momen Penting Ini Bisa Kacau Akibat Sakit Kepala Sebelah

Hati-hati, 4 Momen Penting Ini Bisa Kacau Akibat Sakit Kepala Sebelah - Beberapa tips ini mungkin bisa Anda coba pada .... read more
Kapan Sakit Kepala dan Pusing Perlu Dikhawatirkan?
15-March-2019

Kapan Sakit Kepala dan Pusing Perlu Dikhawatirkan?

Kapan Sakit Kepala dan Pusing Perlu Dikhawatirkan? Sebagian sakit kepala mungsin saja memang hanya gangguan kesehatan ringan atau kelelahan yang .... read more