5 Tips Mencegah Tertular Flu dan Batuk di Lingkungan Kantor

5 Tips Mencegah Tertular Flu dan Batuk di Lingkungan Kantor

Memasuki musim pancaroba dimana cuaca panas dan hujan silih berganti, rasanya badan semakin gampang tertular penyakit seperti flu dan batuk. Nah, bagaimana kalau yang sedang mengalaminya adalah kolega kita di kantor? Wah, saatnya Anda simak  5 tips mencegah tertular flu dan batuk di lingkungan kantor berikut ini!

Masker masih berlaku

Pertama-tama, jangan sampai melepaskan masker saat harus berada satu ruangan atau berinteraksi erat dengan orang lain. Jadikan masker sebagai kebiasaan yang sudah tidak mungkin Anda tinggalkan. Efektivitas pemakaian masker bisa mencegah penularan virus hingga 70%-85% tergatung jarak dan cara pemakaian masker. Apalagi, penyakit seperti flu dan batuk dapat menular akibat droplet dari penderita yang mengandung virus ditransmisikan ke orang lain saat penderita batuk, bersin atau berbicara. Selain itu, masker juga akan melindungi Anda dari polusi udara yang berpotensi menyebabkan gangguan pernapasan.

Hindari makan bersama

Makan bersama sambil mengobrol di jam istirahat memang seru, namun sebaiknya hindari hal ini ya! Sebab, saat makan bersama Anda otomatis harus melepaskan masker yang digunakan. Berinteraksi tanpa masker sama saja dengan Anda menghadapi virus tanpa perlindungan!

Disiplin mengonsumsi vitamin

Imunitas tubuh bagaimanapun memiliki peranan penting untuk menangkal virus penyakit yang ada di sekitar kita. Apabila imun tubuh baik, maka besar kemungkinan Anda akan bertahan dan tetap sehat meskipun terpapar virus di sekitar Anda. Selain cukup beristirahat, makan makanan bergizi, rutin berolahraga, dan menjauhkan stress, Anda juga perlu menambah asupan vitamin agar daya tahan tubuh lebih baik. Jangan kendor ya!

Siapkan pakaian hangat

Benar, bahwa penyebab flu adalah virus—bukan cuaca atau suhu ruangan. Namun, suhu ruangan yang dingin seperti kebanyakan ruang kantor adalah tempat penularan virus yang ideal. suhu yang lebih dingin tidak hanya dapat menciptakan kondisi yang ramah terhadap virus, tetapi cuaca dingin juga dapat membuat kita lebih rentan untuk tertular. Jadi tidak ada salahnya selalu mempersiapkan pakaian hangat di kantor seperti jaket atau sweater.

Pahami kondisi dan saling menjaga

Lingkungan kantor adalah tempat bertemunya orang dari tempat yang berbeda. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran dari Anda dan kolega mengenai kesehatan. Apabila ada yang mengalami gejala flu dan batuk, sebaiknya beristirahatlah di rumah hingga kondisi membaik ketimbang memaksakan diri pergi ke kantor dan berisiko menularkan virus kepada orang lain.