5 Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang yang Paling Sering Dilakukan

5 Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang yang Paling Sering Dilakukan

Penyebab sakit kepala bagian belakang seringkali merupakan kebiasaan yang kita lakukan tanpa sadar dan dilakukan secara terus-menerus. Biasanya, seseorang akan mengalami rasa nyeri di kepala bagian belakang dan menjalar ke leher dan pundak. Apa saja ya penyebabnya?

Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Bagi sebagian orang, merokok dan minum minuman beralkohol seringkali dijadikan sebagai jalan pintas untuk mengurangi stress akibat pekerjaan atau aktivitas yang cukup padat, bahkan sekedar untuk membuat mulut tidak terasa asam setelah makan. Namun, tahukah Anda bahwa justru kebiasaan inilah yang akan memicu timbulnya sakit kepala cluster atau sakit kepala yang terjadi di bagian belakang mata dan menjalar hingga ke pundak serta leher, lho. Biasanya, penderita akan mengalami rasa nyeri di kepala bagian belakang selama 15 menit hingga tiga jam. Tak hanya itu, keluhan ini bisa saja kambuh jika kebiasaan ini tidak segera diakhiri.

Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan beberapa kegiatan ini untuk mengurangi stress atau rasa bosan.

  • Melakukan atau menemukan hobi baru
  • Menonton film atau tayangan musik di internet
  • Makan makanan favorit
  • Olahraga
  • Berbincang dengan teman atau keluarga
  • Menghirup udara luar

Memaksakan Diri Melakukan Olahraga Lari

Olahraga yang terlalu berat dan berlebihan juga bisa memicu timbulnya sakit kepala belakang, salah satunya adalah berlari. Rasa nyeri yang timbul biasanya terjadi tepat di belakang mata kemudian menjalar ke bagian belakang dan berlangsung selama 20 menit. Keluhan ini biasanya terjadi pada mereka yang belum terbiasa olahraga lari apalagi dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan lakukan olahraga lari sesuai dengan kemampuan tubuh.

Anda juga bisa melakukan jenis olahraga lain sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Tak perlu terlalu berat dan lama, yang penting Anda melakukannya secara rutin selama 30 menit setiap harinya.

Baca Juga5 Tips Memperbaiki Postur Tubuh yang Buruk untuk Atasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Membungkuk Saat Jalan dan Bekerja

Kebiasaan selanjutnya adalah duduk membungkuk dalam waktu yang cukup lama saat bekerja dan juga saat berjalan. Posisi tubuh yang seperti inilah yang menimbulkan ketegangan pada area punggung dan leher. Tanpa Anda sadari, kebiasaan ini akan memicu timbulnya sakit kepala bagian belakang jika dilakukan secara terus menerus.

Ditambah lagi dengan aktivitas di depan layar komputer di mana Anda akan sering terpapar sinar biru yang cukup berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, usahakan untuk mengatur ketinggian meja dan kursi kerja dengan baik, sehingga posisi duduk tetap tegak dan terhindar dari sakit kepala bagian belakang. Sesekali lakukan gerakan peregangan di tengah aktivitas agar otot tubuh tak tegang dan kembali rileks, ya.

Selain dengan menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah keluhan sakit kepala bagian belakang kembali terulang, Anda juga bisa mengatasi sakit kepala yang mulai mengganggu dengan cara mengurangi kegiatan dan minum obat pereda sakit kepala yang mengandung Paracetamol. Pilihlah obat yang tidak menimbulkan rasa kantuk agar tetap dapat melanjutkan aktivitas dengan nyaman.

Source: Halodoc