4 Jenis Tanaman Apotek Hidup Rumahan untuk Mengobati Batuk Secara Alami

4 Jenis Tanaman Apotek Hidup Rumahan untuk Mengobati Batuk Secara Alami

Bayangkan jika Anda memiliki halaman di rumah yang ditanami dengan jenis-jenis tanaman apotek hidup. Tentu sangat bermanfaat sekali. Bukan hanya membuat halaman tampak lebih hijau, tetapi tanaman tersebut dapat digunakan sewaktu-waktu untuk kesehatan Anda, misalnya saja untuk mengobati batuk. Sayangnya, tak banyak orang yang tertarik menanam tanaman apotek hidup padahal, ada beberapa jenis tanaman yang sebenarnya cukup familiar dan mudah untuk dibudidaya. Apa sajakah jenis tanaman tersebut?

Thymi

Daun Thymi mengandung senyawa thymol yang merupakan senyawa ekspektoran alami yang dapat membantu mengeluarkan dahak saat batuk . Kandungan flavonoid di dalamnya juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Untuk menanamnya, Anda bisa membeli benih yang sudah banyak dijual di pasaran dan menanamnya dalam pot.

Jeruk nipis

Tanaman satu ini tidak terlalu sulit untuk ditanam. Anda bisa menanamnya dari biji ataupun dengan cara mencangkok. Jika sudah tumbuh subur, pohon jeruk nipis tidak akan terlalu tinggi namun biasanya cukup produktif dalam menghasilkan buah. Jeruk nipis sendiri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya mengobati batuk dan radang tenggorokan

Kencur

Kencur juga salah satu tanaman obat yang punya banyak manfaat. Selain itu kencur juga lazim digunakan sebagai bahan masakan. Itu sebabnya menanam kencur di rumah sebenarnya adalah keputusan yang tepat. Kencur bisa ditanam di tanah di halaman rumah, ataupun medium lain yang lebih terbatas—misalnya polybag. Meski bentuknya tidak cantik namun manfaat kencur tak perlu diragukan lagi, dan siapa sangka bunga kencur terlihat cukup cantik untuk menghiasi halaman Anda.

Daun Sirih

Kabar baik bagi Anda yang ingin menanam sirih, tanaman satu ini sangat mudah dibudidayakan. Anda tinggal menanam sulur sirih di medium tanam. Sulur tersebut akan menjadi akar dan kemudian akan tumbuh sulur-sulur yang merambat. Sirih cukup cepat berkembang sehingga bisa segera digunakan untuk kebutuhan Anda. Untuk mengobati batuk, daun sirih berperan sebagai antiseptik.