Seiring dengan berkembangnya pengetahuan mengenai gaya hidup sehat dan natural, banyak orang berupaya untuk menerapkan cara-cara alami dalam keseharian mereka. Termasuk juga dalam pengobatan. Untuk penyakit yang dianggap umum seperti batuk, banyak orang menghindari pengobatan yang terlalu berat. Sebagai gantinya, beberapa alternatif pengobatan alami  di bawah bisa Anda terapkan.

Cukupkan cairan tubuh
Tetap terhidrasi sangat penting bagi mereka yang sedang batuk. Sebuah studi menyebutkan bahwa  cairan hangat bisa mengurangi berbagai keluhan yang menyertai batuk seperti sakit tenggorokan, kedinginan, dan kelelahan. Cairan ini dapat berbentuk minuman ataupun makanan, seperti teh, air hangat, jus buah hangat, serta kuah kaldu dari sup atau soto.

Uap hangat
Batuk berdahak, yang menghasilkan lendir atau dahak, dapat membaik dengan uap. Mandilah dengan air panas dan biarkan kamar mandi terisi dengan uap. Tetap dalam uap ini selama beberapa menit sampai gejala mereda. Minumlah segelas air sesudahnya untuk mendinginkan dan mencegah dehidrasi.

Atau, buatlah mangkuk uap. Untuk melakukan ini, isi mangkuk besar dengan air panas. Tambahkan minyak esensial, seperti eucalyptus atau rosemary, yang juga dapat meredakan hidung tersumbat. Tarik napas uap selama 5 menit. Jika uap terasa panas di kulit, hentikan sampai kulit menjadi dingin sebelum memulainya kembali.

Mencegah Asam Lambung
Dilansir dari webmd.com, menghindari makanan yang dapat memicu refluks asam adalah salah satu mengurangi batuk. Setiap individu mungkin memiliki pemicu refluks berbeda yang harus mereka hindari. Namun secara umum, Anda dapat menghindari jenis-jenis makanan dan minuman yang berpotensi memicu asam lambung seperti alkohol, cokelat (selain dark chocolate), makanan yang digoreng dan berlemak, bawang putih dan bawang bombai, makanan pedas, serta tomat dan produk berbasis tomat.

bodrex Herbal
Untuk obatnya, pilih yang alami juga. bodrex Herbal Batuk dapat menyembuhkan batuk secara alami dengan aman, efektif, dan langsung memberikan rasa nyaman di tenggorokan. bodrex Herbal Batuk yang mengandung kombinasi dari Madu, Thymi, Jahe, Akar kayu manis, Cabe Jawa, Kencur, Daun Sirih, Daun Sembung, Jeruk Nipis, Biji Pala, dan Peppermint oil. Kombinasi ini baik untuk meredakan batuk, melegakan tenggorokan dan bekerja tanpa ngantuk. Dikemas dalam bentuk sachet, menjadikan bodrex Herbal Batuk mudah dikonsumsi kapan dan dimana saja. Anda juga dapat mencampurkannya dengansecangkir teh panas untuk sensasi hangat melegakan.

Untuk obatnya, pilih yang alami juga. bodrex Herbal Batuk dapat menyembuhkan batuk secara alami dengan aman, efektif, dan langsung memberikan rasa nyaman di tenggorokan. bodrex Herbal Batuk mengandung kombinasi Thymi, Madu, Jahe, Akar Kayu Manis, Jeruk Nipis, Cabe Jawa, Kencur, Daun Sirih, Daun Sembung, Biji Pala, dan Peppermint oil. Baik untuk meredakan batuk, melegakan tenggorokan, membantu mengeluarkan dahak dan bekerja tanpa ngantuk. Dikemas dalam bentuk sachet, menjadikan bodrex Herbal Batuk praktis dikonsumsi kapan dan dimana saja. Anda juga dapat mencampurkannya dengansecangkir teh panas untuk sensasi hangat & melegakan.

ARTIKELTERKAIT

Tempo Scan Bantu Percepatan Penanganan COVID-19 di Kalimantan
06-August-2020

Tempo Scan Bantu Percepatan Penanganan COVID-19 di Kalimantan

Tempo Scan Group kembali memberikan bantuan berupa Alat Pelindung Diri, obat-obatan, vitamin, dan susu anak untuk percepatan penanganan COVID-19 di .... read more
Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman
25-June-2020

Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman

Mengatasi sakit kepala tegang mencengkeram adalah hal penting yang harus diketahui oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas .... read more
Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?
18-June-2020

Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

Penyebabnya pun bisa berasal dari beberapa faktor, mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga kondisi medis yang lebih serius. Kira-kira apa saja, .... read more