4 Cara Menyembuhkan Batuk Secara Alami

4 Cara Menyembuhkan Batuk Secara Alami

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan mengenai gaya hidup sehat dan natural, banyak orang berupaya untuk menerapkan cara-cara alami dalam keseharian mereka. Termasuk juga dalam pengobatan. Untuk penyakit yang dianggap umum seperti batuk, banyak orang menghindari pengobatan yang terlalu berat. Sebagai gantinya, beberapa alternatif pengobatan alami  di bawah bisa Anda terapkan.

Cukupkan cairan tubuh
Tetap terhidrasi sangat penting bagi mereka yang sedang batuk. Sebuah studi menyebutkan bahwa  cairan hangat bisa mengurangi berbagai keluhan yang menyertai batuk seperti sakit tenggorokan, kedinginan, dan kelelahan. Cairan ini dapat berbentuk minuman ataupun makanan, seperti teh, air hangat, jus buah hangat, serta kuah kaldu dari sup atau soto.

Uap hangat
Batuk berdahak, yang menghasilkan lendir atau dahak, dapat membaik dengan uap. Mandilah dengan air panas dan biarkan kamar mandi terisi dengan uap. Tetap dalam uap ini selama beberapa menit sampai gejala mereda. Minumlah segelas air sesudahnya untuk mendinginkan dan mencegah dehidrasi.

Atau, buatlah mangkuk uap. Untuk melakukan ini, isi mangkuk besar dengan air panas. Tambahkan minyak esensial, seperti eucalyptus atau rosemary, yang juga dapat meredakan hidung tersumbat. Tarik napas uap selama 5 menit. Jika uap terasa panas di kulit, hentikan sampai kulit menjadi dingin sebelum memulainya kembali.

Mencegah Asam Lambung
Dilansir dari webmd.com, menghindari makanan yang dapat memicu refluks asam adalah salah satu mengurangi batuk. Setiap individu mungkin memiliki pemicu refluks berbeda yang harus mereka hindari. Namun secara umum, Anda dapat menghindari jenis-jenis makanan dan minuman yang berpotensi memicu asam lambung seperti alkohol, cokelat (selain dark chocolate), makanan yang digoreng dan berlemak, bawang putih dan bawang bombai, makanan pedas, serta tomat dan produk berbasis tomat.

Obat Batuk Herbal
Untuk obatnya, pilih yang alami, aman, efektif, dan langsung memberikan rasa nyaman di tenggorokan yang mengandung kombinasi dari Madu, Thymi, Jahe, Akar kayu manis, Cabe Jawa, Kencur, Daun Sirih, Daun Sembung, Jeruk Nipis, Biji Pala, dan Peppermint oil. Kombinasi ini baik untuk meredakan batuk, melegakan tenggorokan dan bekerja tanpa ngantuk.