3 Tanaman Obat untuk menghilangkan Sakit Kepala

3 Tanaman Obat untuk menghilangkan Sakit Kepala

Penggunaan tanaman obat untuk berbagai masalah kesehatan, sebenarnya sangat sering dilakukan. Khasiatnya pun cukup ampuh. Anda hanya perlu mengetahui tanaman yang sesuai untuk masalah kesehatan Anda. Salah satu keluhan yang sering dialami oleh banyak orang adalah masuk angin, meriang, hingga sakit kepala. Jika Anda juga termasuk orang yang sering mengalaminya, maka Anda perlu tahu 3 tanaman obat untuk menghilangkan sakit kepala.

Feverfew

Feverfew (Tanacetum parthenium), anggota dari keluarga bunga matahari. Feverfew berasal dari Eropa Tenggara, namun kini tersebar luas di seluruh Eropa, Amerika Utara, dan Australia. Feverfew telah digunakan secara tradisional untuk mengatasi sakit kepala dan nyeri sendi. Tanaman satu ini mengandung senyawa parthenolide yang diketahui memiliki fungsi sebagai anti inflamasi.

Semua bagian dari tanaman ini biasa digunakan sebagai bahan obat. Khususnya untuk sakit kepala. Khasiat anti migrain dari Feverfew diyakini karena kandungan parthenolide, suatu senyawa aktif yang membantu meringankan ketegangan otot. Parthenolide juga menghambat senyawa yang menyebabkan inflamasi.

Willow Bark

Willow Bark mengandung senyawa salicin yang memiliki struktur kimia seperti aspirin, merupakan analgesik alami yang membantu mengurangi rasa nyeri. Willow Bark juga mengandung polyphenols dan flavonoids dan bersifat antioksidan, penurun panas serta antiseptik. Khasiat ini penting mengingat sakit kepala terkadang juga disertasi oleh demam.

Guarana

Guarana adalah tanaman rambat dari keluarga maple. Guarana  sudah dikenal sejak abad ke-16 oleh masyarakat Eropa dan kerap digunakan untuk meredakan nyeri ringan dan meningkatkan kemampuan zat analgesik sehingga bekerja lebih cepat dan efektif.