Sakit kepala sebelah atau migrain, meski hanya menyerang satu sisi kepala saja rasanya tentu sangat mengganggu. Apalagi serangan berupa denyut di sebelah kepala tersebut bisa berlangsung dalam hitungan jam hingga tiga hari. Frekuensi kambuhnya pun bisa cukup sering yakni 1-4 kali sebulan. Mengapa kita bisa terserang sakit kepala sebelah? Daftar berikut adalah beberapa di antaranya.

1.    Perubahan hormon
Wanita tiga kali lebih berisiko terkena migrain dibandingkan pria. Sakit kepala sebelah pada wanita dapat disebabkan oleh perubahan hormon. Itulah mengapa seringkali migrain menyerang sesaat sebelum atau sesudah seorang wanita mengalami haid.

2.    Genetik
Faktor keturunan juga memengaruhi. Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat migrain, maka faktor risiko Anda untuk mengalami sakit kepala sebelah juga bertambah.

3.    Stres
Tekanan pekerjaan atau masalah lainnya juga dapat memicu terjadinya sakit kepala sebelah.

4.    Makanan tertentu
Makanan yang mengandung tyramine seperti pisang yang terlalu masak, buah-buahan yang dikeringkan, dan sayuran yang difermentasi. Minuman yang mengandung kafein dan alkohol juga bisa jadi pemicu.

5.    Perubahan cuaca
Perubahan temperatur atau cuaca dapat memicu migrain seketika.

6.    Pola tidur
Baik terlalu banyak tidur atau kekurangan waktu tidur dapat memicu sakit kepala sebelah. Kalau Anda suka bepergian jauh waspadai juga kemungkinan jetlag karena ini bisa berujung sakit kepala sebelah.

7.    Kelelahan
Stres secara fisik karena latihan yang terlalu berat atau memforsir tenaga saat bekerja juga dapat  berujung sakit kepala sebelah.
Penyebab sakit kepala sebelah bisa berbeda di masing-masing orang. Mungkin si A peka terhadap stres namun si B tidak. Atau kondisi kesehatan C terpengaruh oleh perubahan hormon, tapi tidak demikian halnya dengan si D. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui penyebab sesungguhnya dari sakit kepala sebelah yang Anda alami.

Foto: Shutterstock

 

ARTIKELTERKAIT

Jangan Sampai Tertukar, Ini Penyebab Migrain yang Beda dari Sakit Kepala Biasa
19-April-2018

Jangan Sampai Tertukar, Ini Penyebab Migrain yang Beda dari Sakit Kepala Biasa

Di samping itu jika Anda merupakan pelanggan setia sakit kepala mencengkram alias yang termasuk tipe tension headache, selalu sediakan bodrex .... read more
Jangan Remehkan Migrain! Jika Dibiarkan, Gejalanya Bisa Jadi Parah
16-April-2018

Jangan Remehkan Migrain! Jika Dibiarkan, Gejalanya Bisa Jadi Parah

Jika migrain menyerang, langsung saja minum bodrex Migra. Kondisi seperti apa sajakah yang bisa disebabkan oleh migrain akut? Simak penjelasannya .... read more
Mengenal Penyakit Migrain dengan Aura
28-March-2018

Mengenal Penyakit Migrain dengan Aura

Migrain tanpa aura dapat didiagnosis setelah pasien diketahui memiliki riwayat serangan migrain sebanyak lima kali. serta mengkonsumsi obat pereda sakit .... read more