Dampak Lain Migrain Sakit Kepala Sebelah yang Tidak Anda Sadari

Dampak Lain Migrain Sakit Kepala Sebelah yang Tidak Anda Sadari

Bukan hanya sakit kepala sebelah yang terasa menusuk. Sebenarnya saat migrain terjadi, ada dampak lain yang mungkin tidak Anda sadari terjadi pada tubuh Anda. Apa sajakah itu?

Sensitif terhadap Cahaya

Cahaya lampu, sinar matahari, hingga layar komputer, dan ponsel, bisa jadi hal paling mengganggu saat Anda mengalami migrain. Sensitivitas terhadap cahaya yang berlebihan ini adalah salah satu dampak lain migrain yang cukup mengganggu aktifitas. Jika mungkin, ada baiknya Anda meredupkan cahaya lampu dan menghindari penggunaan gadget saat mengalami migrain. Namun jika Anda sedang berada di luar ruangan, penggunaan sunglasses dapat mengurangi keluhan ini.

Ingatan buram

Pernahkah Anda salah memasukkan kode pin yang sudah Anda gunakan sekian lama? Atau mempertanyakan dimana kacamata Anda, padahal Anda sedang memakainya di kepala? Atau mungkin Anda masuk kamar dan melupakan alasan mengapa Anda berada di sana? Jika ya dan Anda adalah seorang penderita migrain, dua keluhan ini sebenarnya memang berhubungan satu sama lain. Sebagian orang mengalami ingatan buram pada fase awal migrain, ada pula yang mengalaminya pada fase utama, bahkan ada pula yang mengalaminya hingga fase hangover (post migrain). Biasanya perlahan ingatan Anda akan hal-hal kecil tersebut perlahan akan semakin jelas dan Anda pun dapat mengingatnya kembali. Namun jika terjadi di saat genting, tentu bisa sangat mengganggu.

Koordinasi anggota tubuh buruk

Berjalan sempoyongan dan menjatuhkan barang saat migrain bukan lagi hal baru. Sebab ketika migrain, koordinasi antar anggota tubuh. Migrain kerap membuat otak seakan-akan ‘lumpuh’, sedangkan koordinasi anggota tubuh diatur oleh otak. Oleh karena itu, sangat wajar jika ketika Anda berada dalam kondisi migrain, koordinasi anggota tubuh akan menurun. Ada baiknya Anda tidak melakukan pekerjaan yang membutuhkan koordinasi tinggi hingga migrain Anda sembuh, misalnya saja menyetir mobil atau memasak, karena bisa berisiko fatal.

Postdrome migraine

Meskipun migrain telah mereda, pada sebagian orang sisa rasa tak nyaman masih terasa. Tahapan ini disebut juga fase hangover atau fase mabuk. Fase mabuk membuat sebagian orang benar-benar merasa menderita. Kepala masih terasa sakit, tubuh Anda sakit, dan otak masih belum bisa bekerja dengan normal. Tidak ada yang bisa Anda lakukan selain mengistirahatkan tubuh sejenak. Ambil cuti jika memungkinkan, atau setidaknya curilah waktu untuk memejamkan mata sejenak. Untungnya fase mabuk pada setiap orang berbeda, sebagian orang pulih lebih cepat dari penderita migrain lainnya.