Seni bela diri memang sangat menarik untuk dipelajari. Bukan hanya karena bisa membuat tubuh menjadi bugar, namun juga bisa digunakan sebagai pertahanan diri. Sebenarnya, apa saja variasi seni bela diri yang bisa kita pelajari? Lihat daftarnya di sini.

MUAY THAI/KICKBOXING
Mendengar istilah kickboxing, kebanyakan orang akan cenderung membayangkan gerakan menendang dan meninju. Namun sebenarnya muay thai yang berasal dari Thailand ini juga kerap menggunakan lutut dan siku saat menyerang. Jika kamu percaya diri dengan kecepatan dan kekuatan kakimu, maka olahraga ini sangat sesuai untukmu.

WING CHUN KUNG FU
Seni bela diri jarak dekat  yang berasal dari Cina ini berfokus pada keseimbangan tubuh. Wing Chun Kung Fu juga terbilang unik karena gerakannya yang konsisten menyerang maju ke arah lawan. Bela diri ini lebih banyak menyerang dengan menggunakan tangan dibandingkan kaki. Bela diri ini sangat cocok jika kamu ingin meningkatkan keseimbangan tubuh dan konsentrasi. Namun jika kamu tergolong  orang yang memiliki refleks lambat, maka bela diri satu ini kurang cocok untukmu.

BRAZILIAN JIU-JITSU
Gerakkan Brazilian Jiu-jitsu sebenarnya memiliki kemiripan dengan bela diri judo. Hal ini tidak mengherankan mengingat jiu-jitsu awalnya berasal dari judo juga. Namun gerakan jiu-jitsu pada dasarnya berfokus pada mengunci dan memiting lawan hingga menyerah. Meskipun jiu-jitsu kenyataannya jiu-jitsu kurang efektif untuk membela diri, namun sebagai olahraga, jiu-jitsu cukup mudah dipelajari.

KRAV MAGA
Bela diri satu dikembangkan sebagai cara bertarung tentara pertahanan Israel. Selain melibatkan gerakan menendang, memukul, dan  juga melempar, kamu juga bisa mempelajari cara melumpuhkan penyerang dengan cara melempar pisau karet. Krav maga akan mengajarkan kamu bagaimana teknik ‘mengunci’ lawan. Uniknya, krav maga memiliki beberapa teknik yang umumnya dilarang pada bela diri lainnya seperti tendangan ke pangkal paha atau mencolok mata lawan.

JUDO
Olahraga yang berasal dari negara Jepang inbi sudah ada sejak akhir tahun 1800-an. Saat melihat pertandingan judo, kamu akan melihat bagaimana kedua pemain berusaha salin membannting dan menjatuhkan lawan. Meskipun tidak ada gerakan yang khas dalam judo, namun nyatanya olahraga satu ini cukup populer dijadikan kompetisi.

PENCAK SILAT
Bela diri asal Indonesia ini memiliki pengaruh dari budaya Cina, Agama Hindu, Budha, serta Islam. Meskipun begitu, pencak silat juga dikenal di negara-negara Asia tenggara lainnya seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Vietnam, Singapura, Thailand, dan Filipina Selatan. Meskipun demikian, pencak silat seperti sudah melekat menjadi identitas bangsa Indonesia di mata dunia. Di setiap daerah di Indonesia, pencak silat berkembang dan menyerap kekahasan masing-masing daerah sehingga terdapat berbagai aliran. Salah satunya aliran Merpati Putih yang berasal dari Jwa tengah. Teknik yang digunakan diantaranya tendangan, pukulan, sandungan, sapuan, mengunci, melempar, menahan, dan mematahkan tulang sendi. Pencak silat juga kerap menggunakan berbagai senjata khas daerah seperti keris, kujang, cindai, dan masih banyak lagi. Uniknya, pencak silat tidak hanya fokus pada gerakan olah tubuh tetapi juga aspek spiritualitas.

ARTIKELTERKAIT

Mengklasifikasi Pengobatan Herbal di Sekitar Kita
30-November-2019

Mengklasifikasi Pengobatan Herbal di Sekitar Kita

bahwa kini obat-obatan herbal telah distandardisasi. Bahkan, obat-obatan herbal bisa diklasifikasi dalam beberapa jenis berikut ini. .... read more
Mungkinkah Menghilangkan Sakit Kepala dengan Obat Herbal
29-November-2019

Mungkinkah Menghilangkan Sakit Kepala dengan Obat Herbal

pengembangan obat-obatan herbal pun semakin maju. Kini pertanyaannya, mungkinkah menghilangkan penyakit dengan obat herbal? .... read more
5 Kegiatan Positif untuk Hilangkan Pusing sakit kepala
28-November-2019

5 Kegiatan Positif untuk Hilangkan Pusing sakit kepala

Salah satu cara untuk menghilangkan pusing sakit kepala yang dipicu oleh stres adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif sebagai .... read more