Minum kopi sudah menjadi gaya hidup banyak orang. Bahkan banyak orang yang merasa kurang berenergi bahkan sakit kepala jika belum minum kopi dengan jumlah tertentu setiap harinya. Dengan kata lain, sudah kecanduan dengan kopi. Sebenarnya apa penyebab sebagian orang merasa sakit kepala jika tidak minum kopi dan bagaimana cara mengatasinya?

Menurut dr. Johan Sp.FK, kopi mengandung kafein. Kafein akan mengecilkan diameter pembuluh darah di kepala, sehingga ketika Andaterbiasa minum kafein (kopi) lalu memberhentikan konsumsi kafein secara mendadak, pembuluh darah tersebut akan melebar kembali dan menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala yang berhubungan dengan konsumsi kafein ini disebut dengan caffeine headache. Kondisi ini umumnya dialami oleh orang yang secara rutin mengonsumsi kopi berkafein.

Meski kafein dapat menimbulkan sakit kepala namun di sisi lain juga kerap digunakan untuk mengatasi sakit kepala karena dapat mengurangi peradangan, mengecilkan pembuluh darah dan menambah efektivitas kerja obat-obat sakit kepala seperti ibuprofen dan paracetamol. Untuk menghilangkan caffeine headache, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut.

  • Perhatikan berapa banyak Anda mengonsumsi kafein sehari-hari. Bila  Anda sering mengalami migrain, sebaiknya konsumsi kafein dikurangi atau dihentikan sama sekali. Tetapi, untuk memberhentikannya harus bertahap. Bila biasanya Anda mengonsumsi 2 cangkir per hari, mulai dengan menguranginya menjadi 1 cangkir per hari.
  • Bila keluhan sakit kepala sangat mengganggu, Anda dapat menggunakan obat-obatan antinyeri yang mengandung ibuprofen atau paracetamol, konsumsi banyak air putih, cukup istirahat, konsumsi makanan yang bergizi dan berolahraga. Stres juga perlu dikelola dengan baik. Anda dapat mencoba melakukan teknik relaksasi, meditasi atau pijat untuk mengurangi sakit kepala.

ARTIKELTERKAIT

Tempo Scan Group (TSG) CSR COVID-19 – BNPB DONATION
03-April-2020

Tempo Scan Group (TSG) CSR COVID-19 – BNPB DONATION

Tempo Scan Group telah merealisasikan penyerahan bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana sejumlah Rp 10 Miliar untuk membantu mengatasi wabah .... read more
Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu
17-March-2020

Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu

Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai gejala dan pengobatan flu dan batuk di cuaca yang tidak menentu berikut ini. .... read more
Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?
10-March-2020

Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?

Oleh karena itu, simak beberapa rekomendasi makanan pereda flu dan batuk yang bisa Anda konsumsi berikut ini. .... read more