Sakit kepala kadang tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Sedikit saja serangan sakit datang, aktivitas bisa terhambat. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan sakit kepala. Ini di antaranya yang dapat Anda coba.

1. Pijat
Coba gosok-gosok pelipis Anda dengan tangan atau cobalah memijat leher, punggung, kepala, atau bahu. Dalam sebuah studi kecil yang dilansir health.com mereka yang melakukan 6 kali pijatan mingguan, keluhan migrainnya berkurang dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik selama minggu pemijatan dan tiga minggu setelahnya.

2. Matikan lampu dan bunyi-bunyian
Tension headache, salah satu jenis sakit kepala, dapat disebabkan oleh stres. Mengistirahatkan otot-otot yang tegang dapat dilakukan dengan istirahat di ruangan yang tenang dan redup tanpa gangguan kebisingan. Ini bisa meredakan sakit kepala yang dirasakan mengingat penderita biasanya sensitif pada cahaya dan suara. Rebahkan tubuh dengan relaks. Buatlah punggung, bahu, dan leher dalam posisi santai.

3. Aerobik
Melakukan latihan aerobik secara rutin dapat mengurangi serangan migrain secara signifikan baik dari segi intensitas maupun frekuensinya. Lakukan olahraga seperti jalan cepat, bersepeda, atau berenang. Mudah kan?

4. Aroma terapi
Wewangian tertentu bisa membuat relaks sehingga ketegangan yang terasa di kepala pun berkurang. Salah satu wewangian yang direkomendasikan adalah aroma lavender.

5. Heat and Cold
Mandi air panas atau mengaplikasikan bantal panas ke leher bisa membantu meredakan sakit otot yang menyertai sakit kepala. Anda juga bisa menggunakan handuk hangat atau menempelkan botol air panas ke leher. Tapi kalau serangan yang datang berupa sakit kepala berdenyut, cobalah redakan dengan mengaplikasikan ice pack yang dibungkus kain pada pelipis.

Namun adakalanya sakit kepala perlu diatasi dengan obat. Untuk redakan sakit kepala, bodrex jawabannya. Puluhan tahun sudah dipercaya atasi sakit kepala oleh berbagai kalangan. Mengandung paracetamol dan kofein. Kandungan paracetamol berfungsi sebagai analgesik yang mampu meredakan rasa sakit kepala dan gigi, sekaligus bekerja sebagai antipiretik untuk turunkan demam. Enaknya lagi bodrex dapat diminum sebelum makan lho sehingga sakit kepala pun dapat segera reda.

 

Foto: Shutterstock

ARTIKELTERKAIT

PENTING, Simak Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Dari Virus di Musim yang Tidak Menentu
26-March-2020

PENTING, Simak Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Dari Virus di Musim yang Tidak Menentu

Dalam beberapa kasus positif COVID-19, sebagian besar penderitanya mengalami gejala batuk, flu, sakit tenggorokan, merasa sangat kelelahan, hingga kesulitan untuk .... read more
Waspada Terhadap Flu dan Batuk Saat Perubahan Cuaca, Intip Cara Mudahnya Berikut Ini
25-February-2020

Waspada Terhadap Flu dan Batuk Saat Perubahan Cuaca, Intip Cara Mudahnya Berikut Ini

Kondisi cuaca yang tidak menentu seringkali menjadi faktor utama mengapa seseorang bisa dengan mudahnya terserang penyakit seperti flu dan batuk, .... read more
Tips Meredakan Flu dan Batuk Tanpa Ngantuk Saat Berkendara
18-February-2020

Tips Meredakan Flu dan Batuk Tanpa Ngantuk Saat Berkendara

beberapa keluhan yang kerap muncul seperti tenggorokan gatal dan kering, hidung tersumbat, sakit kepala, dan juga batuk yang tak berkesudahan .... read more