Tradisi mudik adalah kegiatan yang paling dinantikan setiap kali lebaran. Tidak ada yang mengalahkan kebahagiaan berjumpa dengan keluarga yang jarang ditemui. Jika kamu termasuk salah satu orang yang rutin pulang kampung alias mudik, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum berangkat mudik agar perjalanan mudikmu lebih lancar dan menyenangkan.

Siapkan Buah Tangan
Namanya juga ritual setahun sekali, malu dong kalau kamu ngga membawa buah tangan buat keluarga di kampung halaman? Apalagi Hari Raya Idul Fitri adalah kesempatan yang baik untuk berbagi. Meskipun bukan barang yang mahal, oleh-oleh yang kamu bawa adalah bentuk perhatian yang bisa membahagiakan keluarga di kampung halaman. Jadi jangan lupa membbeli oleh-oleh. Jika budgetmu tidak banyak, kamu bisa membawa buah tangan berupa makanan yang bisa dinikmati bersama-sama.

Cek keamanan rumah
Sebelum meninggalkan tumah, pastikan dulu keamanannya. Pertama, cek apakah kompor sudah dimatikan, dan kabel-kabel alat elektronik sudah dicabut. Setelah itu nyalakan lampu agar kondisi rumah tidak terlihat gelap dan kosong. Lebih baik, gunakan lampu dengan sensor cahaya yang dapat menyala otomatis saat hari gelap. Kunci semua pintu dan jendela, bila perlu tambahkan kunci ganda.

Tiket Mudik
Kendaraan adalah faktor penting ketika mudik. Tentukan dari jauh hari jenis transportasi yang akan kamu gunakan untuk mudik. Jika kamu menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau kereta, pesanlah tiket dari jarak 3-6 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Namun jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, cek kondisi kendaraan secara menyeluruh di bengkel terpercaya. Jangan sampai mobilmu rusak di tengah perjalanan. Lebih baik juga jika dalam satu kendaraan terdapat lebih dari satu orang yang bisa bergantian menyetir mobil.

Siapakan Angpao
Mebagikan angpao kepada sanak keluarga yang lebih muda, jadi kebahagiaan sendiri di hari raya idul fitri. Tukarkan uang kecil sebelum mudik sehingga kamu lebih mudah saat membagikan angpao. Biar lebih seru, kamu juga bisa menempatkan uang tersebut di angpao kecil bercorak lucu. Meskipun jumlahnya tidak besar, tetapi bisa jadi sangat berarti untuk adik dan keponakan yang masih sekolah. Seru ya!

Kesehatan Prima
Sudah jauh-jauh mudik, tetapi hanya kelelahan dan tidak bisa menikmati suasana. Duh, sayang banget ya! Jaga terus dong kesehatanmu biar bisa bergembira di kampung halaman. Rutinlah mengonsumsi makanan bergizi dan multivitamin.  Siapkan juga obat flu dan sakit kepala seperti bodrex untuk berjaga-jaga selama perjalanan mudik.

ARTIKELTERKAIT

Mengklasifikasi Pengobatan Herbal di Sekitar Kita
30-November-2019

Mengklasifikasi Pengobatan Herbal di Sekitar Kita

bahwa kini obat-obatan herbal telah distandardisasi. Bahkan, obat-obatan herbal bisa diklasifikasi dalam beberapa jenis berikut ini. .... read more
Mungkinkah Menghilangkan Sakit Kepala dengan Obat Herbal
29-November-2019

Mungkinkah Menghilangkan Sakit Kepala dengan Obat Herbal

pengembangan obat-obatan herbal pun semakin maju. Kini pertanyaannya, mungkinkah menghilangkan penyakit dengan obat herbal? .... read more
5 Kegiatan Positif untuk Hilangkan Pusing sakit kepala
28-November-2019

5 Kegiatan Positif untuk Hilangkan Pusing sakit kepala

Salah satu cara untuk menghilangkan pusing sakit kepala yang dipicu oleh stres adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif sebagai .... read more