Waspada Terhadap Flu dan Batuk Saat Perubahan Cuaca, Intip Cara Mudahnya Berikut Ini

Waspada Terhadap Flu dan Batuk Saat Perubahan Cuaca, Intip Cara Mudahnya Berikut Ini

Kondisi cuaca yang tidak menentu seringkali menjadi faktor utama mengapa seseorang bisa dengan mudahnya terserang penyakit seperti flu dan batuk, karena pada saat inilah daya tahan tubuh seseorang bisa menurun dengan mudahnya. Ditambah lagi dengan kelembapan udara yang cukup tinggi memungkinkan virus dan bakteri pemicu penyakit berkembang biak dengan sangat pesat. Untuk itu, sebagai bentuk usaha mewaspadai flu dan batuk saat peruabahan cuaca, simak beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan berikut ini.

Istirahat Cukup
Sebuah artikel yang dimuat dalam laman online situs Healthline.com menjelaskan bahwa waktu paling ideal yang dibutuhkan oleh orang dewasa untuk beristirahat adalah antara tujuh hingga delapan jam setiap malamnya untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh berkat senyawa sitokin yang dihasilkan oleh tubuh. Saat seseorang memiliki waktu istirahat yang cukup, maka semakin baik pula sistem imun yang mereka miliki.

Siapkan Payung dan Jas Hujan
Cuaca yang tidak menentu menuntut kita untuk selalu berjaga-jaga, salah satunya adalah dengan menyiapkan payung dan jas hujan saat beraktivitas. Bagi Anda yang harus berkendara setiap harinya, pastikan juga untuk selalu menggunakan jaket atau rompi untuk menghalau angin, terutama saat malam hari.

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Minum Vitamin
Langkah selanjutnya adalah membentengi diri dengan mencukupi kebutuhan nutrisi melalui makanan sehat dan asupan vitamin tambahan secara rutin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Melengkapi Persediaan Obat
Waspada terhadap flu dan batuk saat perubahan cuaca juga bisa diwujudkan dengan melengkapi persediaan obat baik di rumah maupun obat-obatan yang bisa Anda bawa saat beraktivitas, contohnya adalah obat yang mengandung Paracetamol untuk meredakan gejala flu seperti demam dan sakit kepala, Guaifenesin dan Bromhexine yang bekerja dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak, sedangkan Phenylephrine (PE) bekerja secara Pas & Efektif membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan tanpa menyebabkan kantuk yang bisa Anda minum saat batuk berdahak mulai melanda dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebaliknya, jika Anda mengalami batuk tidak berdahak, maka sediakan obat yang mengandung formula Paracetamol untuk meredakan gejala flu seperti demam dan sakit kepala, Phenylephrine (PE) yang bekerja secara Pas & Efektif melegakan pernapasan dan tenggorokan, dan Dextromethorphan yang bekerja menekan titik pusat batuk di otak untuk membantu meredakan batuk.