Wawancara kerja menjadi momem penting yang menentukan apakah Anda akan mendapatkan pekerjaan impianmu atau tidak. Punya kemampuan memang hal yang utama, tetapi orang lain tidak akan mengetahuinya jika Anda tidak bisa mengkomunikasikannya dengan baik saat wawancara kerja. Coba ikuti Tips Sukses Interview Kerja berikut ini, persiapkan mental dan fisikmu dengan matang agar Anda cepat dapat kerja.

Lakukan riset kecil
Sebelum menghadiri wawancara, lakukan riset kecil tentang perusahaan yang Anda lamar, jobdesc posisi yang Anda inginkan, bos pemilik perusahaa, hingga sosok pewawancara Anda. Dengan bantuan internet saat ini, semua informasi tersebut sangat mungkin Anda peroleh. Berbekal hasil riset kecil yang Anda lakukan, Anda aka lebih menguasai pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul saat wawancara dan tidak khawatir salah tafsir saat menjawabnya.

Berlatih tanya jawab
Jika Anda sudah pernah melewati beberapa wawancara kerja sebelumnya, Anda pasti menyadari bahwa secara umum pertanyaan yang diberikan pada setiap kali wawancara memiliki kesamaan. Namun bagaimana cara Anda menjawab setiap pertanyaan itulah yang menentukan. Anda bisa membuat beberapa contoh pertanyaan dan mencatat poi-poin jawabannya sendiri. Namun ingat, hanya poin-poinnya saja ya. Sebab jika Anda membuat jawaban yang terlalu panjang, maka Anda akan terlihat menghafalkannya. Pastikan jawaban yang Anda berikan mengandung inovasi dan juga orisinalitas.

Perhatikan penampilan
Sebaik apapun kemampuan Anda, jangan pernah menyepelekan penampilan ya. Persiapkan pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan, apakah itu setelan kerja formal atau busana yang lebih kasual. Namun pastikan pakaian Anda bersih, rapi, dan gunakan riasan natural (untuk wanita). Orang dengan penampilan rapi dan menarik akan terlihat lebih meyakinkan saat wawancara kerja.

Tiba lebih awal
Usahakan datang satu jam lebih awal dari jam yang ditentukan. Dengan datang lebih awal, Anda akan punya waktu yang cukup untuk mempersiapkan mental dan juga penampilan. Selain itu, sebelum menghadapi wawancara, Anda biasanya akan diminta mengisi sejumlah data yang cukup menyita waktu.

Ciptakan kesan baik
Penampilan yang menarik dan jawaban yang cerdas perlu didukung dengan sikap yang positif. Pasang ekspresi yang ramah dan bahasa tubuh yang luwes. Jangan terlihat terlalu kaku atau santai. Bersikaplah percaya diri. Jangan tunjukan ekspresi murung, kesal, apalagi sakit. Oleh karena itu, pastikan Anda berada dalam kondisi fisik yang prima dan bebas sakit kepala sebelah. Sebab, sakit kepala sebelah atau migrain dapat membuat separuh konsentrasi Anda hilang karena rasa sakitnya yang berdenyut-denyut. Jika Anda termasuk orang dengan migrain yang sering kambuh, sediakan selalu bodrex untuk Mengatasi Sakit Kepala, pusing, dan pening dengan cepat.

Tetapkan harga
Memiliki gaji yang tinggi adalah harapan setiap orang. Namun sebelum mematok harapan terlalu tinggi, pertimbangkan betul jobdesk yang akan Anda lakukan dengan gaji yang Anda minta. Apakah sudah sesuai. Jangan sampai terlalu tinggi  karena perusahaan bisa saja menolaknya, dan jangan terlalu rendah karena akan merugikan Anda. Cobalah pertemukan harapan Anda dengan kesanggupan perusahaan. Hal ini akan membuat peluang Anda untuk diterima lebih tinggi.

ARTIKELTERKAIT

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini
18-July-2019

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini - Lakukan gerakan yang tepat untuk mengatasi dua masalah tersebut dengan .... read more
5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang
24-July-2019

5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang

Sebelum Anda melakukan langkah-langkah yang salah yang mengakibatkan sakit kepala mencengkeram tak tertahankan, ada baiknya untuk menghindari 5 hal berikut .... read more
Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang
12-July-2019

Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang

Sama seperti leher dan punggung,bahu juga bisa memberi dampak langsung terhadap munculnya sakit kepala bagian belakang. Oleh karena itu, cobalah .... read more