Trik Mengurangi Lelah Saat Mengurus Anak

Trik Mengurangi Lelah Saat Mengurus Anak

Menjadi ibu memang tidak mudah, bagaikan pekerjaan yang tidak pernah selesai. Namun tentu saja mengurus anak adalah kebahagiaan yang tidak bisa ditukar dengan apapun. Jadi meskipun para ibu sering merasa lelah dan repot, namun kegiatan satu ini selalu dijalani dengan suka cita. Sebagai ibu, Anda hanya harus melakukan trik yang tepat agar bisa mengurangi kelelahan saat mengurus anak. Lakukan saja cara-cara berikut ini!

Sesuaikan Jadwal Tidur
Cara ini cocok untuk dilakukan oleh ibu yang baru memiliki bayi. Jadwal tidur dan menyusu bayi yang tidak teratur sering menjadi masalah yang membuat ibu kurang beristirahat di malam hari. Akibatnya, ibu menjadi tidak fit dan mengalami suasana hati yang buruk di keesokan harinya. Untuk mengatasinya, coba sesuaikan jadwal tidur ibu dengan bayi. Misalnya jika di pagi hari bayi tidur selama 3 jam, maka ibu juga ikut tidur. Dengan begitu meskipun ibu kurang tidur di malam hari, namun kebutuhan istirahat tetap terpenuhi karena diganti pada waktu yang lain.

Manfaatkan Playdate
Jika anak Anda sudah lebih besar (usia 1 tahun ke atas), buatlah jadwal bermain bersama atau playdate dengan teman Anda yang memiliki anak sepantaran dengan usia anak Anda. Biarkan anak-anak bermain bersama agar terbiasa bersosialisasi dan merasa lebih gembira. Sementara itu, sembari mengawasi anak, Anda pun bisa bersosialisasi dengan teman-teman sesama ibu. Kebanyakan wanita kehilangan waktu bersama teman-teman mereka ketika sudah memiliki anak, namun dengan playdate, ibu dan anak sama-sama merasa gembira.

Siapkan di Malam Hari
Untuk ibu yang anaknya sudah memasuki usia sekolah, pasti banyak sekali kebutuhan anak yang harus dipersiapkan. Mulai dari seragam sekolah hingga bekal makan siangnya. Untuk mengurangi kerepotan di pagi hari, siapkan semua kebutuhan anak di malam hari. Letakan seragam di tempat yang mudah ia lihat dan jangkau. Siapkan juga bahan-bahan makanan di malam hari. Keesokan harinya, anak jadi bisa menemukan seragamnya tanpa bantuan Anda, dan Anda dapat mempersingkat waktu mempersiapkan sarapan.

Ajari Anak Membantu
Jika anak sudah cukup besar, ajari ia membantu orangtuanya lewat kegiatan yang sederhana sesuai usianya. Misalnya mencuci piring, mengeringkan piring dengan lap, menata meja makan, dan merapikan tempat tidur. Cara ini memiliki dua keuntungan sekaligus. Pertama anak akan belajar bertanggung jawab, kedua pekerjaan rumah tangga Anda jadi lebih ringan.

Obati Sakit Kepala
Sebagai ibu, Anda harus memiliki tubuh yang fit. Pasalnya, jika ibu sakit, seluruh keluarga bisa terkena dampaknya. Namun tak bisa dipungkiri, banyaknya tugas yang harus dilakukan seorang ibu kadang-kadang sampai membuat sakit kepala! Apalagi jika si kecil nakal atau rewel. Jika sampai itu terjadi, segera obati sakit kepala Anda dengan obat yang mengandung paracetamol sebagai analgesik yang mampu meredakan rasa sakit kepala dan gigi, sekaligus bekerja sebagai antipiretik untuk turunkan demam.