Tips Menyisati Kebiasaan Multitasking, Salah Satu Penyebab Sakit Kepala Selama WFH

Tips Menyisati Kebiasaan Multitasking, Salah Satu Penyebab Sakit Kepala Selama WFH

Meski kondisi pandemic di Tanah Air sudah semakin membaik, Sebagian perkantoran masih menerapkan sistem working from home. Kebijakan ini memang cukup efektif untuk mengurangi mobilitas para pegawai sehingga bisa meminimalisir penularabn virus. Namun di sisi lain, working from home juga sering ‘memaksa’ Anda untuk menjadi multitasking! Kebiasaan inilah yang sering menjadi salah satu penyebab sakit kepala! Berikut ini adalah tips menyiasati kebiasaan multitasking penyebab sakit kepala selama WFH!

Di pagi hari

Pada pagi hari bangun dan bersiaplah seperti biasa. Jangan menunda jam mandi atau sarapan, tetaplah berpakaian rapi (meski bukan setelan kantor). Cara ini akan membuat Anda disiplin soal waktu dan tidak menunda-nunda jam kerja. Selain itu pakaian yang rapi juga akan membangkitkan mood kerja yang positif. Jika Anda harus melakukan kewajiban lain di luar urusan pekerjaan kantor, misalnya menemani anak sekolah online, aturlah waktu dengan lebih ketat. Lakukan pembagian tugas dengan anggota keluarga lain, dan jangan ragu minta bantuan pihak lain (misalnya asisten rumah tangga harian) jika dibutuhkan

Di siang / sore hari

Patuhi jam istirahat kantor. Isi dengan makan siang atau tidur siang singkat (gunakan alarm agar tidak terlalu lama!). Hargai waktu istirahatmu dan waktu istirahat rekan kerjamu. Hal ini akan membuatmu lebih segar dan produktif setelahnya! Hindari juga bekerja ‘lembur’ hanya karena Anda bekerja dari rumah. Cukupkan jam kerja Anda di waktu normal sebagaimana Anda biasa pulang dari kantor.

Baca Juga: Mengatasi Sakit Kepala Akibat Long Covid, Ini Caranya!

Di malam hari

Susun to-do-list pekerjaan di malam hari untuk dipatuhi saat bekerja keesokan harinya. Hal ini akan memudahkanmu menyelesaikan pekerjaan tanpa ada yang terlewat. Selain to-do-list pekerjaan, membuat meal planner untuk seminggu kedepan juga dapat menghemat waktu (waktu seringkali terbuang saat Anda memutuskan menu makan siang!). Untuk urusan bersih-bersih rumah, tidak perlu ambisius. Tetapkan pekerjaan rumah yang wajib dilakukan setiap hari seperti menyapu dan mencuci piring, ada pulah pekerjaan rumah yang bisa dilakukan setiap 2-3 hari sekali seperti mencuci dan menyetrika baju, atau pekerjaaan rumah yang cukup dilakukan 1-2 minggu dalam sepekan seperti mengepel dan membersihkan kamar mandi. Dengan demikian, Anda bisa membagi waktu dan tidak kelelahan.

Itulah tips agar working from home bisa berjalan lancar. Multitasking mungkin memang tidak bisa dihindari sepenuhnya, tetapi Anda bisa menyiasatinya agar lebih optimal dan pastinya tidak bikin sakit kepala!