Penggemar traveling ataupun bukan, koper menjadi benda yang 'wajib' dimiliki orang yang akan melakukan perjalanan. Dengan koper, kamu akan lebih mudah menata barang-barang dan pakaian juga relatif tidak terlalu kusut dibandingkan jika kamu menyimpannya dalam ransel atau tas jinjing. Atas dasar itulah kebanyakan orang memiliki setidaknya satu buah koper di rumahnya. Harga koper tidaklah murah, semakin bagus kualitasnya tentu saja harganya semakin mahal. Oleh karena itu koper harus dirawat baik-baik agar lebih awet. Ini tips merawat koper sesuai dengan bahannya.

1. Koper berbahan polyster atau ballistic nylon
Bahan ini sangat mudah diurus dan tidak butuh waktu lama untuk membersihkannya. Gunakan sikat nilon yang lembut dan celupkan dalam larutan air hangat dan sabun berformula ringan. Bersihkan seluruh permukaan koper (bukan hanya yang kotor). Kamu juga bisa menggunakan lapn berbahan nilon untuk membesihkannya.

2. Koper berbahan kulit
Bersihkan dengan basah bebas alkohol (tisu basah khusus bayi) lalu keringkan dengan handuk lembut atau kain microfiber. Jika Anda memiliki pembersih khusus kulit yang berbentuk spray, jangan langsung menyemprotkannya ke kulit koper. Semprotkan spray ke kain yang lembut, tekan ke permukaan koper hingga bersih seluruhnya, namun hati-hati jangan sampai sampai kulit terlalu basah.

Jika kulit koper terkenan noda tinta dari pulpen, gunakan cotton bud yang ujungnya dibasahi dengan alkohol. Bersihkan bagian yang terkena tinta dengan cotton bud tersebut hingga bersih. Tidak perlu khawatir meskipun pada ujung cotton bud terlihat ada lunturan warna dari koper Anda.

Jika terkena noda minyak (misalnya dari tumpahan makanan, segera lap kotoran dengan kain kering, lalu ambil sejumput tepung maizena dan loleskan ke bagian yang kotor hingga noda minyak terserap. Sikat perlahan dengan sikat gigi lembut dan bersihkan dengan lap kering.

Jika nodanya berupa air (misalnya tumpahan teh atau kopi), gunakan kain microfiber yang ujungnya dibubuhi sabun mandi berformula lembut. Gosokan ke bagian yang terkena noda dengan gerakan melingkar. Usahakan tidak meleber ke area yang bersih.

Apapun metodenya, Anda wajib memiliki kondisioner khusus kulit yang berkualitas. Setelah dibersihkan, lapisi permukaan kulit koper dengan kondisioner agar kulit lebih awet, indah, dan berkilau. Jemur koper di tempat yang teduh secara berkala.

3. Koper berbahan polycarbonate
Koper bercangkang keras yang terbuat dari bahan polycarbonate juga tidak terlalu sulit untuk untuk dibersihkan. Anda cukup menggunakan lap lain yang dicelupkan ke larutan air hangat dan sabun pencuci piring. Bersihkan seluruh permukaan koper dan gunakan kain basah bersih untuk menyeka sisa sabun, kemudian dilanjutkan dengan lap kering.

Jika koper Anda memiliki goresan atau lecet ringat, gunakan penghapus untuk membersihkannya atau spons abrasif dan pasta gigi. Bersihkan residunya dengan lap kering.
 

4. Menghilangkan jamur
Jika lama tidak digunakan, bagian dalam koper sangat mungkin ditumbuhi jamur. Untuk menyingkirkannya, gunakan sikat berbulu lembut yang dicelupkan ke dalam larutan pemutih dan air hangat. Gosok seluruh bagian dalam koper dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering sebelum digunakan.

5. Menghilangkan bau
Taburkan baking soda di bagian dalam dan luar tas. Biarkan selama satu jam atau lebih sebelum dibersihkan dengan vacuum cleaner. Jika bau belum juga hilang, campurkan setengah cangkir perasan air lemon dan setengah cangkir air, semprotkan ke seluruh bagian tas. Jemur hingga kering namun usahakan tidak terkena paparan sinar matahari langsung.

6. Menghilangkan kutu
Semprotkan koper dengan alkohol isopropil 91% untuk membasmi kutu-kutu secara langsung. Setelah semua kutu mati, keluarkan dari dalam koper dan setiap kantungnya.

7. Menyimpan koper
Usahakan untuk menyimpan koper berbahan polycarbonate dalam posisi berdiri—bukannya menumpuknya dengan benda-benda lain. Lebih baik lagi jika koper yang berukuran lebih kecil pas untuk disimpan di dalam koper yang lebih besar sehingga kamu bisa menghemat tempat. Koper berbahan kulit harus disimpan di dalam kantung berbahan katun. Sedangkan jika koper Anda tidak memiliki rangka, maka masukan isian dari plastik dan kertas bekas untuk menjaga bentuk koper agar tidak berubah. Terakhir, masukan silica gel ke dalam koper.

ARTIKELTERKAIT

Sering Sakit Kepala? Ini Cara Aman Menghilangkannya
30-June-2019

Sering Sakit Kepala? Ini Cara Aman Menghilangkannya

Mungkin hal ini disebabkan oleh pengobatan yang tidak sesuai dengan keluhan dan jenis sakit kepala Anda. Berikut ini adalah jenis-jenis .... read more
Cara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Perubahan Hormon
21-May-2019

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Perubahan Hormon

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Perubahan Hormon - Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan sakit .... read more
Penyebab Timbulnya Sakit Kepala Setelah Liburan
14-May-2019

Penyebab Timbulnya Sakit Kepala Setelah Liburan

Penyebab Timbulnya Sakit Kepala Setelah Liburan - Apakah Anda mengalaminya juga setelah kembali dari liburan? Kira-kira, apa saja ya yang .... read more