Sakit Kepala Tegang Setiap Hari, Apa yang Harus Dilakukan?

Sakit Kepala Tegang  Setiap Hari, Apa yang Harus Dilakukan?

Sakit kepala tegang merupakan hal yang wajar terjadi, terutama saat sedang stress akibat pekerjaan atau masalah lainnya. Jika pada umumnya seseorang hanya akan mengalami sakit kepala tegang selama 30 menit lalu sembuh, namun bagaimana jadinya jika kondisi ini selalu terjadi setiap hari? Apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa saja gejala sakit kepala tegang?

Sebelum mengetahui tips mengatasi sakit kepala tegang, berikut ini beberapa gejala yang mungkin timbul saat keluhannya terjadi.

  1. Sakit kepala yang cukup mencengkeram di bagian depan, atas, maupun samping kepala. Biasanya terjadi di siang hari dan semakin parah menjelang sore.
  2. Kepala terasa berdenyut saat bangun dari posisi tidur maupun duduk.
  3. Otot di sekitar kepala, tengkuk, leher hingga pundak terasa kaku dan nyeri.
  4. Tubuh terasa sangat lelah dan kesulitan untuk tidur.

Cara mengatasi sakit kepala tegang

Umumnya, sakit kepala tegang hanya akan terjadi selama 30 menit dan akan mereda secara perlahan. Berikut ini beberapa cara mengatasinya.

  1. Menghentikan segala aktivitas yang sedang dilakukan untuk mencegah tubuh menjadi semakin lemah dan keluhan sakit kepala bertambah parah.
  2. Mengompres bagian dahi menggunakan handuk yang dibasahi menggunakan air hangat.
  3. Memberikan pijatan ringan di bagian pelipis, dahi, dan juga daerah sekitar pundak serta leher untuk meredakan rasa nyeri di kepala.
  4. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air mineral yang cukup untuk memenuhi cairan tubuh sekaligus meningkatkan kadar oksigen dalam otak.
  5. Minum obat pereda sakit kepala tegang yang mengandung Paracetamol sebagai analgesik yang dipercaya mampu mengatasi sakit kepala.

Dari jenisnya sendiri, sakit kepala tegang bisa dikategorikan dalam beberapa tingkatan, mulai dari nyeri ringan hingga berat yang sangat mengganggu aktivitas. Jika dengan beberapa cara di atas keluhan sakit kepala tegang tetap terjadi setiap harinya, maka ada baiknya untuk memeriksakannya pada dokter. Sebab, sakit kepala yang timbul bisa saja terjadi akibat faktor lain, mulai dari masalah gigi hingga penyakit yang lebih serius. Oleh karena itu, segera cari penanganan yang lebih tepat untuk meringankan keluhannya, ya!

Artikel Lainnya: Saat Sakit Kepala Bagian Belakang Terasa Sangat Mencengkram, Segera Lakukan Hal Ini!