Saat Sakit Kepala Bagian Belakang Terasa Sangat Mencengkram, Segera Lakukan Hal Ini!

Saat Sakit Kepala Bagian Belakang Terasa Sangat Mencengkram, Segera Lakukan Hal Ini!

Meski pada umumnya sakit kepala bagian belakang seringkali dialami oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, namun bukan berarti bahwa orang lain tidak mungkin mengalaminya. Penerapan gaya hidup yang kurang sehat berikut ini juga dapat memicu munculnya sakit kepala bagian belakang yang cukup mengganggu. Yuk, simak penjelasannya!

1. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol

Bagi beberapa orang, mereka akan memilih rokok atau minuman beralkohol untuk mengatasi stress yang dialami. Alih-alih pikiran menjadi lebih tenang, justru kebiasaan inilah yang akan memicu timbulnya sakit kepala cluster atau sakit kepala yang terjadi di bagian belakang mata dan menjalar hingga ke pundak serta leher. Keluhannya sendiri biasanya terjadi selama 15 menit hingga tiga jam.

2. Memaksakan diri untuk olahraga

Memaksakan diri untuk melakukan olahraga tanpa melihat kemampuan tubuh juga bisa membuat kepala bagian belakang terasa berat. Rasa nyerinya biasanya terjadi tepat di belakang mata dan menjalar ke bagian belakang dan berlangsung selama 20 menit.

3. Postur tubuh yang salah saat duduk, berdiri, dan berjalan

Membungkuk saat duduk, berdiri, dan berjalan juga bisa menyebabkan ketegangan pada area punggung dan leher. Kebiasaan ini jika dilakukan secara terus menerus memicu sakit kepala bagian belakang.

Meski bukanlah kondisi kesehatan yang membahayakan, namun membiarkan keluhan ini terjadi secara terus-menerus tentu bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. Daripada memicu penyakit lain yang lebih berbahaya, segera atasi sakit kepala bagian belakang yang kamu alami dengan beberapa cara berikut ini.

1. Mengompres menggunakan air hangat

Cara ini cukup ampuh untuk meredakan sakit kepala bagian belakang, khususnya jika pemicu sakit kepala yang kamu alami adalah otot-otot yang tegang. Air hangat akan membantu melemaskan otot-otot sehingga lebih rileks.

2. Tidak melewatkan waktu makan

Jika Anda orang yang mudah merasa pusing, usahakan agar Anda memiliki pola makan yang teratur. Pada sebagian orang, terlambat makan bukan hanya bisa menyebabkan sakit di bagian perut, tetapi juga sakit kepala.

3. Memenuhi kebutuhan Istirahat

Tubuh dan pikiran yang terlalu lelah dapat menimbulkan sakit kepala. Oleh karena itu cukupi kebutuhan istirahat baik dalam bentuk tidur ataupun bersantai sejenak.

4. Memijat bagian yang terasa sakit

Pijat dengan lembut bagian kepala yang sakit dan bagian lainnya yang saling berkaitan, misalnya leher atau pundak dengan tujuan relaksasi. Namun jangan terlalu keras karena jika berlebihan dikhawatirkan menimbulkan nyeri yang lebih parah.

5. Menerapkan pola hidup sehat

Sebaiknya hindari konsumsi minuman atau makanan yang mengandung alkohol, menghentikan kebiasaan merokok, dan berolahraga sesuai dengan kemampuan tubuh selama 30 menit setiap harinya.

6. Memperbaiki postur tubuh

Misalnya dengan membiasakan diri untuk duduk, berjalan, dan berdiri dengan tegak.

Selain beberapa cara di atas, atasi juga sakit kepala bagian belakang yang terasa mencengkeram dengan minum obat yang mengandung Paracetamol. Fungsinya adalah untuk mengurangi rasa nyeri di bagian kepala belakang. Namun, jika sakit kepala semakin mengganggu dan tak kunjung sembuh bahkan semakin parah, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, ya!

Artikel Lainnya:  Liburan ke Pantai Malah Bikin Sakit Kepala? Intip Penyebab dan Cara Mengatasinya di Sini!